Trik Menghindari Tagline yang Salah

Trik Menghindari Tagline yang Salah

 

Digital Branding Indonesia – Dalam dunia bisnis, tagline diartikan sebagai sekelompok kata kecil yang dikombinasikan dengan cara khusus untuk mengidentifikasi produk atau perusahaan (Entrepreneur.com).

 

Jika logo adalah representasi visual brand, maka tagline adalah apa yang terdengar. Kedua aset ini adalah landasan periklanan dan harus mudah dipahami dan diingat oleh target khalayak. Jika digunakan dengan baik, tagline akan terhubung dengan konsumen dan menanamkan pesan utama brand.

 

Tagline yang hebat dan efektif umumnya memiliki karakteristik mengesankan, berbeda/unik, bermanfaat dan menyampaikan emosi.

 

Sementara itu, tagline yang dibuat dengan buruk bisa sangat merugikan perusahaan dan bisa menghilangkan banyak peluang keuntungan.  Berikut ini adalah cara menghindari kesalahan tagline dikutip dari situs www.contrabran.co.za:

 

  1. Jangan Berbicara Tentang Diri Sendiri

Tidak semua orang peduli dengan bisnis Anda seperti halnya Anda. Pelanggan lebih suka mencari tahu bagaimana bisnis Anda dapat membantu mereka untuk menghemat waktu, menghasilkan uang, atau memecahkan masalah.

 

Berapa banyak perusahaan yang pernah Anda tahu mengklaim sebagai yang terbaik, terbesar, atau dinilai paling tinggi? Bandingkan pernyataan umum dengan nilai emosional. Daya tarik emosional akan membuat Anda terhubung dengan calon pelanggan tanpa perlu berbicara langsung dengan mereka.

 

Contoh toko pakaian online:

Toko Pakaian Online Terbaik di Indonesia.

Atau

Stylish and Fashionable.

 

Berapa kali Anda melihat tagline seperti yang pertama? Terlalu umum, toko online tapi apa yang menjadikannya terbaik? Pilihan kedua mengesankan produk yang tersedia stylish dan fashionable, yang dapat memperbaiki penampilan konsumen.

 

  1. Jangan menggunakan jargon teknis

Jargon teknis hanya untuk internal perusahaan, pelanggan tidak perlu mencari tahu apa yang Anda coba komunikasikan. Bahasa internal yang digunakan sehari-hari berpotensi menghalangi pemahaman.

 

Contoh dua slogan gateway pembayaran :

Pembayaran online dari berbagai bank yang terintegrasi dan diproses cepat.

Atau

Pembayaran online yang aman tidak pernah semudah ini.

 

Penggunaan bahasa yang tidak rumit dan tidak terdengar seperti percakapan lisan, kemungkinan akan menarik pelanggan dan mendorong interaksi.

 

  1. Jangan terlalu konseptual

Terkadang perusahaan terlalu memaksa hubungan antar konsep untuk sebuah tagline. Terlalu memaksa menggambarkan semua produk atau karakteristik perusahaan

 

Contoh industry makanan:

Menjadikan makanan Anda enak

Atau

Saus homemade yang akan Anda sukai

 

Menjadi ambigu tidak akan menguntungkan brand dan akan membingungkan pelanggan.

 

  1. Jangan terlalu panjang

Saat membuat konsep tagline, pertimbangkan semua opsi dan pastikan semuanya cukup fleksibel untuk bekerja pada semua media, seperti situs web, kartu nama, kop surat, email, media sosial, poster, dan media tampil lainnya. Periksa juga versi terkecil dan terbesar dari logo perusahaan, apakah tagline akan tampil dengan baik dan dapat terbaca di semua ukuran?

 

Contoh lembaga pendidikan:

Pengajaran berkualitas tinggi, membantu mahasiswa melampaui potensi mereka

Atau

Pendidikan unggul dan aplikatif

 

Pilihan tagline kedua terlihat lebih menarik dan fleksibel di semua media komunikasi.

 

Dengan mempertimbangkan hal di atas, jangan takut untuk terus mencari dan bahkan menulis hingga 30 variasi dari tagline Anda. Itu tidak mudah, tetapi Anda akan menemukan yang paling tepat dan dapat menyaring brand ke dalam beberapa kata yang kuat dan penuh emosi.

 

Siap untuk membuat tagline yang hebat? Silahkan hubungi Rumah Asyam. Kami akan siap membantu Anda.  Telepon kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com .

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.