Tips Cerdas Membangun Brand Identity

Tips Cerdas Membangun Brand Identity

 

Digital Branding Indonesia – Brand Identity (identitas merek) perusahaan adalah puncak dari semua elemen pemasaran, misalnya warna brand, nada suara, logo, slogan, materi media sosial, situs web, dan materi promosi lainnya. Elemen-elemen akan menghasilkan perangkat strategis yang menentukan perkembangan perusahaan tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga karyawan, pelanggan, dan pihak eksternal lainnya.

 

Galilah pertanyaan-pertanyaan berikut di internal perusahaan Anda :

  • Bagaimana perusahaan ingin dipersepsikan?
  • Apa saja nilai-nilai perusahaan?
  • Apa reputasi jangka panjang yang ingin dimiliki perusahaan?

 

Jika jawaban dari internal perusahaan relative sama, maka brand identity sudah dipahami dengan jelas, tetapi jika belum maka itu menunjukkan bahwa brand identity masih kurang jelas. Dan perusahaan harus bersedia untuk melakukan evaluasi kembali.

 

Menciptakan brand identity yang kuat dimulai dengan menganalisis perusahaan, target konsumen dan target pasar. Berikut adalah 5 pertanyaan yang bisa dipertimbangkan perusahaan untuk mulai menciptakan brand identity yang jelas:

 

  • Bagaimana posisi brand perusahaan?

Posisi brand menjelaskan nilai perusahaan di pasar dan manfaat yang dapat dirasakan perusahaan dibandingkan kompetitor. Posisi merek Anda harus menentukan dengan tepat apa yang bisnis Anda lakukan, siapa yang dimaksudkan untuk itu, dan mengapa bisnis Anda berbeda dari pesaing.

 

  • Apa janji brand?

Janji brand adalah komitmen perusahaan untuk memberikan layanan dan produk berkualitas kepada konsumen setiap saat. Ketika memikirkan tentang janji brand, pertimbangkan setiap orang yang berhubungan dengan perusahaan, serta apa yang mereka harapkan dari perusahaan.

 

  • Apa kepribadian brand perusahaan?

Kepribadian brand (brand personality) terkait dengan sifat-sifat yang ingin dikenalkan perusahaan di pasar.  Contoh brand dengan kepribadian yang kuat adalah McDonalds, Coca-Cola dan Honda.

 

  • Apa kisah tentang brand?

Kisah brand perusahaan membangun keterkaitan, kepercayaan, dan kredibilitas karena berbagi perjalanan perusahaan. Kisah ini menciptakan hubungan manusia antara perusahaan dan konsumen, dan memungkinkan konsumen untuk berhubungan dengan nilai-nilai perusahaan.

 

  • Bagaimana keterkaitan brand?

Keterkaitan brand juga dikenal sebagai ‘Identitas brand visual’ dan mengacu pada elemen visual yang digunakan untuk menciptakan brand identity. Ini termasuk semua elemen visual perusahaan dan caranya diterapkan pada perusahaan dan materi pemasarannya.

 

Ingin memperkuat branding perusahaan Anda?

Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk perusahaan Anda.

LEAVE A COMMENT