Tahapan Membuat Branding Di Media Sosial

Tahapan Membuat Branding Di Media Sosial

 

Digital Branding Indonesia – Apakah Anda seorang pemula atau pebisnis yang sudah mapan? Mungkin Anda menjadikan media sosial sebagai salah satu senjata untuk mengenalkan dan menjual perusahaan, produk maupun layanan.  Saat ini media sosial dengan berbagai kelebihannya mampu mendongkrak keuntungan perusahaan. Namun dengan manfaatnya tersebut, ada beberapa kelemahan juga, misalnya pesaing yang mencoba mendistorsi citra bisnis Anda dengan membuat halaman palsu di situs jejaring sosial. Jadi melindungi identitas merek Anda di media sosial sangat penting.

 

Ben Johnson dalam tulisannya di laman brandXpress menjelaskan beberapa tahap sederhana membuat branding di media sosial.

  1. Ciptakan Kehadiran Anda

Temukan situs yang paling terkenal dan tepat untuk membuat akun. Misalnya: Facebook, Instagram, YouTube, dll. Kemudian personalisasi profil dengan informasi perusahaan Anda. Desain Logo berperan penting dalam membangun citra merek Anda. Jadi, itu harus ada di setiap halaman profil di semua situs web yang digunakan. Sebutkan juga rincian kontak Anda, sehingga calon klien atau orang yang berminat dapat menghubungi Anda.

 

  1. Buat Halaman Pribadi dan Video

Video yang tepat akan memungkinkan Anda mewakili dan mempromosikan bisnis dan produk Anda. Jika Anda membuat Fan Page, pastikan Anda menyebutkan bahwa ini adalah halaman penggemar resmi bisnis Anda sehingga pelanggan akan terhindar dari halaman palsu yang dibuat oleh pesaing atau orang lain untuk mengubah citra bisnis Anda.

 

  1. Mulai Menambahkan Orang ke Jaringan Anda

Mulailah memperluas jaringan Anda dengan menambahkan orang, terutama dari industri Anda sendiri. Mulai berinteraksi dengan mereka dan hindari memajang materi pemasaran dan promosi yang berlebihan dan penawaran diskon. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memenangkan kepercayaan dari target konsumen.

 

  1. Anda sudah Aktif di Media Sosial

Ciptakan kehadiran Anda di media sosial secara efektif. Semua informasi tentang bisnis harus ditangani sendiri atau pihak yang ditunjuk sehingga informasi yang diberikan tepat.

 

  1. Waspada terhadap kecurangan dan gangguan.

Saat mulai aktif di media sosial, Anda harus waspada terhadap kecurangan, gangguan maupun penipuan  yang berencana untuk mendistorsi citra bisnis Anda dengan membuat halaman yang tidak etis atau membuat video yang salah atas nama Anda.

 

Setidaknya seminggu sekali, Anda harus mengunjungi semua situs media sosial yang digunakan dan mencari informasi tentang perusahaan Anda yang diposkan oleh orang lain. Misalnya Anda menemukan laman penggemar palsu, Anda dapat melaporkannya dan akan dihapus.

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT