Strategi Promosi Yang Paling Handal

Strategi Promosi Yang Paling Handal

 

Digital Branding Indonesia – Konsumen tidak ada yang akan membeli produk atau layanan yang belum pernah mereka dengar atau tidak tahu apa yang ditawarkan perusahaan Anda. Inilah alasan mengapa strategi promosi yang hebat sangat penting jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda. Beberapa perusahaan menggunakan lebih dari satu metode, sementara yang lain mungkin menggunakan metode yang berbeda untuk tujuan pemasaran yang berbeda.

 

Terlepas dari produk atau layanan perusahaan Anda, berikut ini adalah serangkaian strategi promosi yang dapat membantu mempromosikan  perusahaan Anda: 

  1. Lomba

Lomba adalah strategi promosi yang sering digunakan. Banyak lomba bahkan tidak memerlukan pembelian. Idenya adalah untuk mempromosikan merek Anda serta menempatkan logo dan nama perusahaan di depan publik daripada menghasilkan uang melalui penjualan. Orang suka memenangkan hadiah. Mensponsori lomba dapat menarik perhatian pada produk Anda tanpa membebani perusahaan.

 

  1. Media sosial

Situs media sosial seperti Facebook dan Instagram menawarkan kepada perusahaan cara untuk mempromosikan produk dan layanan dalam lingkungan yang lebih santai. Ini adalah pemasaran langsung yang terbaik. Jaringan sosial terhubung dengan dunia calon pelanggan yang dapat melihat perusahaan Anda dari perspektif yang berbeda. Daripada melihat perusahaan Anda sebagai “penjual”, jejaring sosial dapat melihat perusahaan yang berhubungan dengan orang-orang pada tingkat yang lebih pribadi. Hal ini dapat membantu mengurangi perbedaan antara perusahaan dan pembeli, yang pada gilirannya menyajikan citra perusahaan yang lebih menarik dan akrab.

 

  1. Pemasaran Melalui Email

Pelanggan yang datang ke perusahaan Anda tidak boleh diabaikan. Pelanggan ini telah memutuskan untuk membeli produk Anda. Cobalah untuk mendapatkan informasi pribadi dari para pelanggan ini. Tawarkan produk atau layanan gratis sebagai imbalan atas informasi tersebut. Ia akan menjadi pelanggan yang akrab dengan perusahaan Anda dan mewakili audiens target yang Anda inginkan untuk memasarkan produk baru Anda.

 

  1. Hadiah

Hadiah memungkinkan pelanggan potensial untuk mencicipi produk. Metode ini sering digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk makanan dan rumah tangga baru. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini melakukan promosi di dalam toko, atau memberikan sampel produk untuk menarik masyarakat pembeli untuk mencoba produk baru.

 

  1. Promosi Penjualan Langsung

Promosi ini adalah cara menjual produk dan mempromosikan barang-barang di toko. Ide di balik strategi promosi ini adalah kenyamanan dan dorongan hati. Produk ini diposisikan sehingga mudah diakses oleh pelanggan. Metode ini bertujuan untuk mempromosikan produk atau produk baru dengan memindahkan posisi letak di toko. Barang-barang ini ditempatkan di dekat kasir di toko dan sering dibeli oleh konsumen saat mereka menunggu untuk membayar.

 

  1. Program Insentif untuk Pelanggan

Program insentif adalah cara untuk mendorong pelanggan untuk merekomendasikan pelanggan baru ke toko Anda. Produk gratis, diskon besar dan hadiah uang tunai adalah beberapa insentif yang dapat Anda gunakan. Ini adalah strategi promosi yang memanfaatkan basis pelanggan Anda sebagai tenaga penjualan.

 

  1. Program Amal

Mempromosikan produk sambil beramal dapat menjadi strategi promosi yang efektif. Memberikan pelanggan perasaan menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar hanya dengan menggunakan produk yang mereka beli. Anda mendapatkan pelanggan dan citra peka sosial, dan pelanggan mendapatkan produk dan perasaan membantu orang lain. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan memberikan persentase dari keuntungan produk untuk amal.

 

  1. Hadiah Fungsional

Memberikan hadiah fungsional dapat menjadi langkah promosi yang lebih efektif daripada membagikan kartu nama sederhana. Masukkan kartu nama Anda ke magnet, pulpen tinta atau gantungan kunci. Ini adalah hadiah yang dapat Anda berikan kepada pelanggan Anda yang mungkin mereka gunakan, yang membuat bisnis Anda lebih berharga daripada dibuang ke tempat sampah atau disimpan di laci dengan kartu nama lain yang mungkin tidak dilihat pelanggan.

 

  1. Acara Apresiasi Pelanggan

Acara bisa berupa pemberian minuman gratis dan hadiah di pintu masuk toko yang akan menarik pelanggan ke dalam toko. Penekanan pada bagian apresiasi dari acara adalah tanpa pembelian apa pun yang diperlukan, adalah cara yang efektif untuk menarik tidak hanya pelanggan tetap tetapi juga calon pelanggan. Menyiapkan display produk yang nyaman sebelum peluncuran acara akan memastikan produk yang ingin Anda promosikan sangat terlihat ketika pelanggan tiba.

 

  1. Survei Pelanggan Purna Jual

Menghubungi pelanggan melalui telepon atau melalui surat setelah penjualan adalah strategi promosi yang menempatkan pentingnya kepuasan pelanggan terlebih dahulu sambil membiarkan pintu terbuka untuk kesempatan promosi. Pemasar bisa melakukan panggilan survei ke pelanggan untuk mengumpulkan informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pemasaran dengan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan cara pelanggan merasakan produk dan layanan yang dibeli.

 

 

Ingin mempromosikan produk perusahaan Anda dengan tepat? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

 

(Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.