fbpx

Strategi Pemasaran Mobile Apps

Strategi Pemasaran Mobile Apps

 

Digital Branding Indonesia – Pasar untuk mobile apps sangat ramai dengan ratusan ribu aplikasi yang tersedia untuk pelanggan dan pengguna bisnis. Hal ini membuat penggunaan mobile apps untuk bisnis Anda yang menawarkan pengalaman atau layanan baru kepada pelanggan menjadi semakin sulit. Anda juga harus memutuskan apakah akan membuat aplikasi yang mampu diaplikasikan di berbagai jenis perangkat seluler atau fokus pada platform perangkat seluler tertentu.

 

Untuk itulah diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar mobile apps Anda bisa diterima dan sukses di pasar. 

 

  • Role (Peran)

Menetapkan peran yang jelas untuk mobile apps. Sebuah aplikasi memungkinkan pengguna menemukan informasi produk atau membeli produk dan layanan Anda dari perangkat seluler mereka. Ini juga dapat membantu pelanggan mengelola akun dengan memeriksa saldo bank mereka atau membayar tagihan dari perangkat seluler mereka. Mobile apps dapat memberikan informasi penting seperti pembaruan kondisi lalu lintas atau lokasi restoran. Atau, dapat memberikan bentuk hiburan bagi pengguna ponsel. Mengidentifikasi peran mobile apps Anda memastikan strategi produk Anda berfokus pada aplikasi yang akan memenuhi kebutuhan pelanggan.

 

  • Foundation (Dasar)

Bangun mobile apps Anda pada satu platform sehingga Anda dapat dengan cepat menambahkan fitur atau mengembangkan layanan baru untuk memenuhi tuntutan yang berubah. Platform yang paling umum adalah Android, digunakan oleh berbagai pembuat smartphone dan komputer tablet, dan iOS, yang digunakan oleh perangkat Apple seperti iPhone dan iPad. Membangun mobile apps  pada satu platform mengurangi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk membawa aplikasi ke pasar dan membantu memberikan kualitas yang lebih konsisten.

 

  • Native Apps or Website (Aplikasi atau Website Asli)

Putuskan apakah Anda akan mengembangkan aplikasi asli, yang disesuaikan untuk dijalankan pada perangkat seluler tertentu, atau aplikasi berbasis web yang berjalan di browser Internet pada perangkat seluler. Aplikasi asli memerlukan waktu dan biaya pengembangan tambahan untuk menghasilkan versi untuk perangkat yang berbeda. Namun memungkinkan pengembang untuk memasukkan fungsionalitas yang mungkin tidak tersedia di aplikasi berbasis browser. Strategi berbasis browser memungkinkan Anda menawarkan aplikasi kepada kelompok pengguna yang lebih luas dan mengurangi pekerjaan pengembangan.

 

  • Security (Keamanan)

Bangun keamanan tingkat tinggi ke dalam aplikasi Anda untuk melindungi privasi pengguna. Menurut riset yang dilakukan oleh Webroot pada tahun 2010, kehilangan privasi menjadi perhatian 55% responden. Aplikasi yang memberikan informasi tentang lokasi pengguna atau yang dirancang untuk menangani transaksi keuangan adalah bidang tertentu dari masalah privasi. Aplikasi bisnis juga menciptakan masalah keamanan, karena lebih banyak karyawan menggunakan smartphone atau komputer tablet pribadi mereka untuk menangani tugas yang melibatkan pengaksesan data rahasia perusahaan. Jika keamanan menjadi perhatian utama, kembangkan aplikasi berbasis browser, bukan yang asli. Dalam aplikasi berbasis browser, informasi sensitif disimpan dari jarak jauh, bukan pada aplikasi itu sendiri, yang merupakan kasus dengan aplikasi asli. Jika pengguna kehilangan perangkat dengan aplikasi berbasis browser, ada sedikit risiko kehilangan data.

 

  • Financial Model (Model Keuangan)

Masukkan model keuangan ke dalam strategi produk Anda. Aplikasi yang memudahkan pelanggan berbisnis dengan Anda harus gratis, karena dapat berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan loyalitas. Jika aplikasi memberi pengguna layanan yang berharga, pertimbangkan untuk menagihnya atau menawarkannya secara gratis tetapi mensubsidi biaya dengan menempatkan iklan di aplikasi dan mendapatkan penghasilan dari pengiklan.

 

Tertarik untuk membangun mobile apps untuk perusahan Anda? Ayo segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Dengan didukung tim yang hebat dan berpengalaman, Kami akan membantu Anda menjadi pemenang. Segera hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.