Sekilas Tentang Corporate Branding, Product Branding Dan House Branding

Sekilas Tentang Corporate Branding, Product Branding Dan House Branding

 

Digital Branding Indonesia – Dalam dunia bisnis mungkin Anda sering mendengar tentang corporate branding, product branding dan house branding. Dan mungkin juga Anda agak kebingungan dengan perbedaaan diantara ketiganya.

 

Berikut akan kita bahas sekilas tentang ketiganya.

Corporate Branding

Corporate branding adalah di mana nama perusahaan dijadikan nama brand, dan di sini produk cenderung lebih banyak dijelaskan dalam istilah alfanumerik atau huruf, dan tidak memiliki nama brand yang khas. Misalnya BMW. Corporate branding memberikan kekuatan kekuatan nilai dan posisi pada setiap produk, serta menghemat biaya periklanan dan promosi. Saat konsumen tidak dapat melihat produknya, corporate branding membantu memberi mereka jaminan kualitas, nilai dan keaslian.

 

Product Branding

Product branding adalah dimana masing-masing produk memiliki nama sendiri. Dengan strategi ini, nama perusahaan benar-benar atau hampir tidak ada. Ini memberikan kesempatan setiap brand untuk memiliki nilai, kepribadian, identitas dan posisi yang unik. Product branding memudahkan perusahaan mengevaluasi kinerja dan nilai brand, dan membuat keputusan tentang alokasi sumber daya yang lebih baik. Apabila produk itu gagal, tidak akan memberikan efek negatif pada nama perusahaan. Product branding cenderung mahal karena biaya iklan dan promosi tidak dapat dibagi, dan kesuksesannya bergantung pada produk itu sendiri yang memiliki keunggulan kompetitif dan posisi yang jelas di pasar.

 

House Branding

House branding menggabungkan antara  corporate branding dan product branding, dimana nama perusahaan ditempatkan di samping nama brand produk. Hal ini memungkinkan brand produk untuk mengasumsikan identitas dan posisinya sendiri, namun menarik kekuatan dari nilai-nilai brand perusahaan, dan memberi konsumen kepastian, dalam banyak hal terkait dengan kualitas, dari brand perusahaan. House branding membantu pengenalan produk baru, di mana bisa sangat sulit untuk masuk ke pasar yang matang tanpa dukungan dari nama brand induk perusahaan yang kuat dan kredibel. Salah satu kemungkinan kerugian adalah di mana produk tersebut tidak diterima dengan baik dan menyebabkan kerusakan pada brand induk.

 

Pada posisi mana brand perusahaan Anda saat ini? Diskusikan dengan Rumah Asyam untuk mendapatkan strategi yang tepat, dimanapun posisi brand perusahaan Anda.

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT