fbpx

Pentingnya Integrated Marketing Communication bagi Perusahaan

Pentingnya Integrated Marketing Communication bagi Perusahaan

 

Digital Branding Indonesia – Integrated marketing communication adalah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang memadukan berbagai disiplin komunikasi, seperti periklanan, public relation, direct selling, interactive marketing dan sales promotion. Strategi ini menggunakan pesan tematik yang sama dan konsisten di berbagai jenis media promosi, baik online maupun offline.

 

 Namun, mengapa strategi ini penting bagi perusahaan?

  • Hasil yang lebih baik

Dalam komunikasi pemasaran tradisional, perusahaan merencanakan kampanye terpisah untuk iklan, hubungan pers, pemasaran langsung dan promosi penjualan. Sedangkan, kampanye terpadu menggunakan alat komunikasi yang sama untuk saling memperkuat dan meningkatkan efektivitas pemasaran. Anda dapat menggunakan iklan untuk meningkatkan kesadaran akan suatu produk dan mengarahkan tenaga pemasaran. Dengan memberikan informasi yang sama dalam siaran pers dan artikel, Anda memperkuat pesan dalam iklan. Anda kemudian dapat menggunakan surat atau direct mail untuk menindaklanjuti pertanyaan dari iklan atau kampanye pers dan memberikan prospek dengan informasi lebih lanjut. Untuk menjadikan prospek menjadi pelanggan, Anda dapat menggunakan telemarketing untuk menjual secara langsung atau membuat janji untuk tim pemasaran.

 

  • Pesan yang Konsistensi dan Kreatif

Strategi ini menampilkan perlakuan kreatif yang sama. Dengan mengulangi topik utama, kata kunci, dan gambar dalam setiap komunikasi, Anda memastikan bahwa prospek dan pelanggan menerima pesan yang konsisten dan sama setiap kali mereka melihat salah satu elemen komunikasi.

 

  • Penghematan biaya

Strategi ini juga dapat menghemat biaya. Dengan menggunakan gambar dan pesan yang sama untuk media yang berbeda, Anda mengurangi biaya salinan penulisan, desain, dan fotografi. Jika Anda bekerja sama dengan agency, pilihlah agency yang menawarkan layanan komunikasi terpadu, daripada agency yang hanya ahli di satu bidang.

 

  • Memahami Keinginan Pelanggan

Komunikasi terpadu memberikan informasi kepada pelanggan dalam bentuk yang mereka sukai, apakah mereka ingin menerima informasi produk melalui email, surat langsung, pesan teks atau telepon. Integrasi memastikan mereka menerima informasi yang sama di semua media komunikasi. Anda juga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang mencari informasi produk di Internet dengan mengintegrasikan desain dan konten website dengan media komunikasi lainnya.

 

Rumah Asyam akan membantu Anda menjalankan strategi ini sesuai dengan jenis perusahaan. Dengan dukungan tim yang hebat dan berpengalaman, Kami pastikan perusahaan Anda menjadi lebih maju. Hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.