Pentingkah Website Untuk Perusahaan ?

Pentingkah Website Untuk Perusahaan ?

 

Digital Branding Indonesia – Situs web (website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan dan umumnya berada pada sistem komputer yang sama, berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Website biasanya ditempatkan pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. (Wikipedia)

 

Saat ini, memiliki website bagi perusahaan sama pentingnya dengan memiliki toko, kantor, atau nomor telepon. Penelitian telah menemukan bahwa 6 dari10 pelanggan mengharapkan brand atau perusahaan memiliki konten online agar mereka bisa mencari informasi bisnis dengan lebih mudah dan detil.

Jika Anda menjalankan bisnis namun belum mengambil langkah ke dunia online, berikut 10 alasan yang akan membuat Anda bertanya-tanya mengapa Anda tidak melakukannya lebih awal!

 

  • Kehadiran Online 24/7

Memiliki website berarti pelanggan selalu dapat menemukan Anda – kapan saja, di mana saja. Bahkan di luar jam kerja, website Anda terus mencari dan mengamankan pelanggan baru. Ini menawarkan kenyamanan pengguna karena mereka dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan saat berada di rumah, tanpa ada tekanan tambahan untuk membeli. Selain itu, karena sebagian besar perusahaan saat ini memiliki situs web sendiri, ada kemungkinan Anda dapat kehilangan pelanggan dari pesaing Anda jika tetap bekerja secara offline.

 

  • Pertukaran Informasi

Pada dasarnya, situs web menyediakan cara cepat dan mudah untuk mengkomunikasikan informasi antara pembeli dan penjual. Anda dapat mencantumkan jam buka, informasi kontak, lokasi atau produk Anda, dan menggunakan formulir kontak untuk memfasilitasi pertanyaan dari calon pelanggan atau umpan balik dari yang sudah ada. Anda bahkan dapat mengunggah video promosi untuk menarik pelanggan dan menjual bisnis Anda dengan cara yang efektif dan hemat biaya. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mempromosikan saluran media sosial Anda dan membangun komunitas dengan pelanggan Anda.

 

  • Kredibilitas

Pada era modern saat ini, calon pelanggan kemungkinan tidak akan mempercayai bisnis apa pun yang tidak memiliki nomor telepon atau alamat fisik, begitu juga dengan website dan alamat email. Ini bisa menjadi alat yang berguna untuk membagikan informasi penting tentang bisnis Anda dengan pelanggan dan menjawab semua pertanyaan. Selain itu, memiliki website berkualitas dan mudah digunakan membuat pelanggan merasa nyaman menggunakan layanan Anda, karena mereka akan menganggap mereka dapat mengharapkan pengalaman positif yang sama di semua bidang bisnis Anda.

 

  • Menghemat Biaya

Selain menampilkan informasi, Anda juga dapat menggunakan website untuk menjual barang & jasa langsung ke konsumen, tanpa menggunakan toko offline yang melibatkan biaya operasi besar  untuk gaji staf, sewa tempat, perlengkapan, dll. Dan ini juga akan memungkinkan Anda menurunkan harga, memberikan bisnis Anda keunggulan kompetitif yang nyata. Website juga dapat digunakan secara internal dalam bisnis Anda; misalnya berbagi informasi dengan rekan kerja atau manajemen.

 

  • Ekspansi Pasar

Karena situs Anda dapat diakses oleh siapa saja di seluruh dunia, kemampuan untuk menerobos hambatan geografis akan lebih mudah. Siapa pun, dari negara mana pun, akan dapat menemukan perusahaan Anda dan memungkinkan untuk menjadi pelanggan potensial.

 

  • Wawasan Pelanggan

Alat analitik di website memungkinkan Anda mengidentifikasi siapa pelanggan Anda, bagaimana mereka menemukan Anda, apa yang mereka sukai, dan menyesuaikan bisnis Anda untuk memaksimalkan pembelian melalui situs Anda. Beragamnya data yang tersedia juga dapat membantu Anda lebih memahami bagaimana saluran media sosial mempengaruhi brand, dan menyoroti peluang untuk mengubah aspek offline bisnis Anda, seperti waktu buka cabang, promosi, dan rentang produk.

 

  • Periklanan

Alat seperti Google AdWords atau iklan di Facebook memberi Anda kekuatan untuk menjangkau pelanggan dengan akurasi dan keandalan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan metode periklanan offline tradisional. SEO dan periklanan online adalah cara terbaik untuk membantu membangun kesadaran pelanggan jika dilakukan dengan benar. Jadilah perusahaan pertama yang dilihat pelanggan baru ketika mencari produk atau layanan tertentu secara online, dan gunakan halaman kontak website atau fitur e-commerce untuk membeli produk atau menemukan outlet ritel lebih mudah daripada sebelumnya.

 

  • Pesaing Online

Jika Anda tidak memiliki website, kemungkinan besar pesaing Anda akan melakukannya, ini berarti Anda tidak mendapatkan pelanggan baru dan berada di garis depan pikiran mereka. Sangat penting memahami bahwa tidak ada peluang yang terlewatkan dan diperoleh dalam kompetisi.

 

  • Layanan Pelanggan Online

Website menyediakan cara yang lebih mudah untuk menangani layanan pelanggan. Menawarkan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan di bagian FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan), Anda dapat mengurangi biaya layanan pelanggan dan menghemat waktu dan uang, serta memberikan lebih banyak informasi. Ini juga berarti bahwa pelanggan dapat menerima balasan secara instan dan menghemat waktu, yang mendorong hubungan pelanggan yang positif dalam jangka panjang.

 

  • Peluang Pertumbuhan

Website pada umumnya merupakan cara hebat untuk menjaring calon investor. Ini menunjukkan apa perusahaan Anda, apa yang telah dicapai dan apa yang dapat diraih di masa depan.

 

Ingin mengembangkan website perusahaan Anda? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

 

 

(Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.