Pengaruh Iklan pada Bisnis

Pengaruh Iklan pada Bisnis

 

Digital Branding Indonesia – Iklan menembus Internet, jaringan televisi, surat kabar harian, dan billboard pinggir jalan. Produk, layanan, dan ide dijual melalui iklan, sehingga akan menarik perhatian pelanggan untuk membeli barang dagangan mereka. Iklan internet dengan cepat menggantikan iklan cetak, karena kenyamanan penggunaannya, efektivitas biaya, dan kemudahan distribusi.

 

Namun, apa sebenarnya pengaruh iklan untuk bisnis? Berikut rangkumannya, dikutip dari laman Chron.

 

  • Identifying Brands (Mengidentifikasi Merek)

Produk, layanan, dan ide yang dijual dibedakan berdasarkan identitas merek mereka. Identitas merek dikomunikasikan kepada publik melalui iklan. Konsumen membangun hubungan emosional dengan merek tertentu yang semakin akrab selama bertahun-tahun, berkat iklan.

 

  • Information (Informasi)

Iklan memasok informasi yang diperlukan kepada konsumen sehingga mereka tahu apa yang tersedia dan dimana membelinya. Iklan memberikan informasi tentang produk, layanan dan ide yang dijual di pasar melalui berbagai portal media. 

 

  • Persuasion (Bujukan)

Presentasi iklan visual yang kuat memaksa konsumen untuk membeli barang, jasa dan ide sebagai cara untuk mencapai kepuasan emosional. Persuasi adalah misi utama periklanan. Iklan memberi tahu Anda bagaimana produk, layanan, atau ide dapat meningkatkan kehidupan Anda. Menurut Jeremiah O’Sullivan R, penulis “The Social and Cultural Effect of Advertising,” iklan memberikan konsep pada ideologi, mitos, seni, ketertarikan seksual dan agama.

 

  • Previewing New Trends (Melihat Tren Baru)

Tinjauan tentang keutamaan produk, layanan, dan gagasan baru memotivasi konsumen untuk mendapatkannya karena mereka tidak ingin ketinggalan. Mereka menawarkan kupon, rabat dan penawaran percobaan pada produk, layanan, atau ide baru untuk menarik pelanggan baru dan mendorong pelanggan lama untuk mencoba berbagai hal. Melihat tren baru adalah teknik yang digunakan oleh pengiklan yang memanfaatkan keinginan konsumen untuk “mengikuti tren terkini” dengan memiliki produk, layanan, atau ide terbaru dan terhebat.

 

  • Demand (Permintaan)

Salah satu fungsi kuat dari iklan adalah untuk menghasilkan permintaan konsumen untuk produk, layanan dan ide spesifik melalui kampanye iklan yang menargetkan khalayak yang paling mungkin untuk membelinya dan dijual dalam volume yang disesuaikan dengan permintaan konsumen.

 

  • Customer Base (Basis pelanggan)

Iklan berkualitas yang konsisten akan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk, layanan, atau ide. Iklan berusaha mempertahankan basis pelanggan saat ini dengan memperkuat perilaku pembelian dengan informasi tambahan tentang manfaat merek. Tujuan dari iklan adalah untuk membangun dan memperkuat hubungan dengan pelanggan, prospek, pengecer, dan investor.

 

  • Competitive Pricing (Harga Kompetitif)

Iklan menampilkan barang-barang konsumen dengan harga yang relatif kompetitif  terhadap pasar saat ini, sehingga mendidik konsumen tentang hal-hal apa saja yang harus dibayar. Iklan memungkinkan Anda mengetahui apa yang dilakukan pesaing, kapan penjualan berikutnya, dan bagaimana Anda dapat menerima hadiah dan berusaha meyakinkan Anda bahwa Anda menerima nilai terbaik untuk uang Anda.

 

Iklan bisa dilakukan di berbagai portal media. Salah satunya adalah media sosial, yang saat ini menjadi senjata banyak perusahaan untuk menarik konsumen. Jadi, segera tangani media sosial Anda secara professional bersama Rumah Asyam. Kami akan membantu Anda menjadi pemenang. Hubungi kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com .

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.