Mengapa Perusahaan Membutuhkan Desain Grafis?

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Desain Grafis?

 

Digital Branding Indonesia – Dalam dunia bisnis, desain grafis menciptakan dan memadukan elemen-elemen berupa fotografi, ilustrasi, tipografi dan motion graphics, menjadi gambar yang menarik perhatian target konsumen, menjual produk dan layanan, dan membuka pasar baru. Desain grafis dapat membantu bisnis Anda dengan cara berbeda.

 

Dikutip dari situs Jamology, ada beberapa alasan kuat mengapa perusahaan membutuhkan desain grafis, diantaranya:

 

  1. Meningkatkan produktivitas dan kebanggaan karyawan

Perusahaan yang bahagia dan sehat memiliki identitas brand yang kuat. Karyawan berkomitmen dan bangga menjadi bagian dari brand, sehingga mereka akan lebih produktif. Desain grafis yang baik memupuk identitas brand yang positif dengan mencerminkan visi perusahaan, dan menyebar ke semua lini perusahaan. Namun sebaliknya, jika karyawan bekerja di perusahaan yang situs webnya dirancang dengan buruk, sulit dibaca, dicari atau dijual, tentu sangat menyebalkan. Jika karyawan Anda tidak senang dengan logo atau situs web perusahaan Anda, tidak mustahil akan terjadi pada pelanggan Anda.

 

  1. Menghemat waktu

Seorang perancang grafis tahu mana format file, mode warna, bobot dan penggunaan kertas, jenis sistem manajemen konten situs web (CMS), serta skala iklan yang benar dan memiliki kontras warna yang cukup agar mudah dibaca saat dipublikasikan. Dengan pengetahuan mereka, Anda tidak perlu membuang waktu untuk mencoba mencari tahu sendiri.

 

  1. Menghemat uang

Siapkan dana uang cukup untuk berinvestasi dalam desain grafis yang bagus. Desain murah sering berarti desain yang buruk. Tanpa keahlian seorang desainer grafis profesional, hasil desain Anda mungkin akan terlihat berantakan dan tidak relevan dengan media yang akan digunakan, sehingga membutuhkan perubahan, penundaan dan desain ulang yang tentunya malah menambah biaya.

 

  1. Visual berkualitas tinggi meningkatkan perhatian target konsumen

Ingin meningkatkan penjualan produk, basis pelanggan atau pengikut media sosial perusahaan Anda? Bagaimana juga dengan iklan media cetak, website, dan media sosial? Visual berkualitas tinggi akan lebih menarik perhatian target konsumen, dibandingkan yang berkualitas rendah. Pembeli online akan melihat kualitas gambar sebagai salah satu kriteria paling penting dalam keputusan pembelian mereka.

 

  1. Komunikasi grafis

Setiap bangun tidur, sebagian besar dari kita dibanjiri dengan informasi dari ponsel, komputer, TV, radio, papan iklan, majalah dan banyak lagi. Namun rentang perhatian kita semakin pendek karena banyaknya paparan tersebut. Perusahaan kini hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian target konsumen dan menjaganya. Gambar adalah solusi sempurna. Mereka memiliki kekuatan untuk mengkomunikasikan pesan-pesan kompleks jauh lebih cepat daripada kata-kata. Namun, untuk melakukan ini, serta meningkatkan daya tarik Anda di situs pencarian online, pastikan gambar Anda  unik, relevan, dan berkualitas tinggi. Desain grafis dapat membantu perusahaan melakukan transisi ke era baru komunikasi ringkas dan berkecepatan tinggi ini.

 

  1. Menarik dan membuat pelanggan tetap tertarik

Gunakan desain grafis baru saat Anda mendesain ulang website, membuat logo baru, atau meluncurkan promosi. Ini memastikan Anda mempertahankan identitas unik yang menarik perhatian, membedakan penawaran, dan membuat pelanggan kembali untuk memeriksa penawaran baru. Kemasan makanan adalah contoh yang bagus tentang pentingnya desain yang menarik perhatian. Meskipun banyak dari konsumen meninjau label nutrisi dari produk yang akan dibeli, namun keputusannya kadang juga bergantung pada daya tarik desain kemasan produk, serta seberapa cepat dan akurat hal itu memberi tahu mereka apa yang mereka beli.

 

  1. Memperkuat brand

Dapatkah Anda membayangkan perusahaan/brand kuat yang tidak memiliki logo, skema warna, atau jenis huruf yang sangat mudah dikenali? Tidak mungkin. Desain grafis menciptakan “wajah” yang dapat diidentifikasi dengan cepat untuk brand, yang membantu membedakan dan mempromosikan perusahaan. Jika tidak memiliki pesaing, Anda mungkin dapat bertahan tanpa desain grafis dan branding yang baik karena Anda satu-satunya pemain. Berbeda jika Anda bermain di pasar yang memiliki banyak pesaing. Logo perusahaan, tipografi, warna, tata letak website dan materi pemasaran membentuk kesan langsung tentang seperti apa perusahaan Anda, tradisional vs. modern, serius vs. menyenangkan, hebat vs. santai, dll. Desainer grafis akan merancang elemen visual dengan cara yang positif dan menyampaikan citra perusahaan yang Anda inginkan.

 

Karena “konsisten” berarti dapat diandalkan, pastikan identitas desain grafis Anda digunakan secara konsisten di seluruh perusahaan Anda dalam komunikasi internal/eksternal, materi pemasaran dan periklanan, website dan produk. Ketidakkonsistenan, seperti menggunakan beberapa versi logo, tipografi dan warna dalam berbagai aplikasi bisnis Anda akan membuat perusahaan tampak tidak profesional.

 

Desainer grafis professional adalah partner Anda untuk membangun kredibilitas perusahaan. Segera diskusikan keinginan Anda dengan Rumah Asyam. Kami siap membantu Anda mewujudkannya. Hubungi kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com .

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.