Membuat Konten Lebih Viral

Membuat Konten Lebih Viral

 

Digital Branding Indonesia – Pada artikel sebelumnya, kita sudah sedikit mengenal mengenai viral marketing. Jika sampai sekarang perusahaan belum menggunakan teknik viral marketing untuk membantu meningkatkan penjualan, berarti perusahaan telah kehilangan jutaan pengunjung yang mengunjungi website atau blog perusahaan.

 

Banyak pihak yang berusaha membuat konten menarik dan terkadang mahal, namun ternyata gagal.  Dan saat ini, kita akan belajar beberapa teknik sederhana untuk membantu konten yang kita buat menjadi lebih viral dan membantu meningkatkan penjualan, dikutip dari laman Growthfunnel :

 

  1. Tentukan target audiens dan media yang sesuai.

Pesan dikirimkan kepada target yang tepat. Pesan harus menarik dan menciptakan minat, jika perusahaan ingin target berbagi dengan orang lain. Media yang digunakan juga harus tepat agar dapat menjangkau target yang tepat sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik.

 

  1. Membuat video.

Video yang menarik (misal lucu, mudah diingat, mengejutkan) dan diunggah ke media social akan menggaet banyak pengunjung. Dan jika mereka tertarik maka akan dengan suka rela membagikannya kepada orang lain. Akibatnya, orang tidak hanya akan menonton video dari media social kita, tetapi juga dari berbagai situs web. Ini akan membuatnya semakin populer.

 

  1. Menawarkan produk dan layanan secara gratis.

Gratis adalah kata paling kuat dalam kamus penjual. Viral marketing yang paling berhasil selalu menyertakan kata gratis untuk menarik konsumen. Dengan teknik ini perusahaan mungkin tidak akan mendapatkan keuntungan hari ini atau besok, tetapi akan membangkitkan minat orang pada perusahaan sehingga akan mendapatkan keuntungan.

 

  1. Membangun emosi yang menarik.

Berikut beberapa poin yang dapat digunakan untuk menciptakan emosi :

  • Ciptakan sesuatu yang penuh dengan cinta atau benci.
  • Buat sesuatu yang idiot atau jenius.
  • Ciptakan sesuatu yang akan membuat orang senang atau marah.

 

  1. Melakukan sesuatu yang tidak terduga.

Orang tidak akan mau melihat sesuatu yang mereka sudah tahu sebelumnya. Orang selalu ingin melihat atau belajar hal baru.

 

  1. Mudah dibagi, diunduh dan disimpan.

Jika konten mudah dibagi, diunduh dan disimpan maka akan cepat pula untuk disebarkan seperti virus. Buatlah pesan secara sederhana sehingga orang dapat mudah memahami dan akan mendorong untuk berbagi dengan orang lain.

 

  1. Jangan fokus pada traditional marketing.

Fokuslah pada pembuatan cerita yang bagus dan menarik, daripada memusatkan perhatian pada Anda, produk, layanan atau perusahaan Anda.

 

  1. Jangkauan media sosial.

Jangkau konsumen di industri Anda yang menjadi influencer di dunia maya dan tanyakan apakah mereka tertarik untuk mencoba produk atau layanan Anda, atau untuk melihat konten Anda. Namun jangan langsung meminta mereka untuk membagikan konten Anda, karena biasanya jika mereka tertarik maka akan dengan suka rela menyebarkannya. Dan ini akan sekaligus menggaet pengikut mereka.

 

  1. Penguatan

Saat Anda sudah menarik perhatian orang maka jangan berhenti. Terus berusahalah untuk merangkul mereka. Salah satu cara termudah adalah dengan terus memberi lebih banyak konten maupun layanan lanjutan.

 

Teknik viral marketing selalu  berubah karena hal itu tergantung dengan trend.

 

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

 

 

LEAVE A COMMENT