fbpx

Kesalahpahaman dalam Branding, Penting!

Kesalahpahaman dalam Branding, Penting!

 

Digital Branding Indonesia – Upaya yang Anda lakukan terhadap branding perusahaan, produk atau layanan dapat meningkatkan atau menghancurkan perusahaan Anda. Gary Richards, seorang eksekutif periklanan, mengatakan bahwa salah satu hambatan terbesar untuk branding adalah bahwa banyak perusahaan tidak benar-benar memahami apa itu branding dan apa yang dapat dilakukan untuk memperkuat produk atau layanan perusahaan Anda.

 

Untuk itu, Anda harus memahami apa saja kesalahpahaman tentang branding yang sering terjadi:  

  • Logo adalah Merek (Brand)

Logo adalah gambar atau ikon visual yang mewakili atau mengidentifikasi merek perusahaan. Namun sayangnya, banyak perusahaan yang percaya bahwa logo adalah semua yang digambarkan untuk merek produk atau layanan mereka. Padahal, branding itu kompleks, melibatkan janji-janji yang dibuat perusahaan kepada konsumen, bagaimana janji-janji itu dipenuhi dan bagaimana konsumen menghargai produk Anda.

 

  • Branding itu Tidak Penting

Banyak pemilik perusahaan percaya bahwa jika mereka menciptakan produk yang layak dan memberikan layanan yang baik dengan harga yang tepat, perusahaan akan berhasil. Padahal, konsumen cenderung mengandalkan emosi daripada logika ketika membuat keputusan pembelian, dan di sinilah merek perusahaan dan produknya dapat membuat perbedaan. Jika branding Anda memicu respons emosional positif dalam benak konsumen, itu bisa berarti perbedaan antara terjadinya penjualan atau konsumen yang pergi. 

 

  • Branding itu Mahal

Meskipun benar bahwa banyak perusahaan besar menghabiskan hingga milyaran rupiah untuk  mengembangkan merek dan menjalankan strategi pemasarannya, namun Anda tidak perlu memiliki anggaran sebesar itu untuk membangun merek Anda sendiri. Pikirkan merek Anda sebagai janji yang Anda buat untuk konsumen Anda, dan pekerjaan Anda adalah memastikan bahwa setiap aspek perusahaan Anda memahami dan memenuhi janji itu. Selain itu, perlu diingat bahwa branding dan pemasaran adalah dua hal yang berbeda; branding adalah pesan, dan pemasaran adalah kendaraan/media yang digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut kepada konsumen.

 

  • Branding Cukup Dilakukan Satu Kali

Tidak peduli seberapa baik yang telah Anda lakukan dalam menciptakan dan membangun merek, itu bukan berarti pekerjaan Anda sudah selesai. Anda perlu mengevaluasi merek Anda sesekali untuk memastikan bahwa merek itu masih relevan bagi konsumen saat ini. Ketika tiba saatnya untuk melakukan perubahan, carilah bagian terbaik dari merek Anda dan gunakan sebagai dasarnya.

 

Jadi, apakah Anda sudah memiliki branding yang kuat? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.