Kekuatan dan Kelemahan Product Positioning

Kekuatan dan Kelemahan Product Positioning

 

Digital Branding Indonesia – Product positioning berarti menempatkan suatu produk di antara produk-produk sejenis lainnya yang berada di pasaran. Anda harus mengenal produk-produk lain yang merupakan pesaing dan juga produk lain yang mempunyai peluang mengambil pangsa pasar Anda. Misalnya Anda membuka bisnis busana muslim, tentu sudah banyak pesaing yang bermain di pasar dan model-model busana muslim berbeda, yang menjadi alternatif pilihan konsumen. Untuk membuat bisnis Anda terpisah dari semua pesaing, posisikan produk sebagai sesuatu yang unik bagi konsumen dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Mungkin bisnis Anda khusus menjual ukuran big size, warna-warna gelap, atau keunikan lainnya.

 

  • Keunggulan kompetitif

Kekuatan terbesar dari product positioning yang efektif adalah dapat menciptakan keunggulan kompetitif. Jika sebuah perusahaan dapat menetapkan produknya sebagai sesuatu yang berharga secara unik, pesaing akan kesulitan mencuri pelanggan Anda. Misalnya, pakaian perancang busana mungkin memiliki elemen gaya yang tidak dimiliki oleh pesaingnya, sehingga memungkinkan desainer untuk tetap menarik pelanggan dan memberikan harga tinggi di pasar.

 

  • Persepsi

Kekuatan lain dari product positioning adalah bahwa faktor yang paling penting dalam keputusan pembelian konsumen adalah persepsi, bukan realitas. Jadi, daripada menciptakan produk yang lebih baik secara objektif, perusahaan dapat menggunakan berbagai teknik pemasaran untuk memposisikan produknya secara unik dan positif di benak konsumen. Misalnya, produsen skateboard menggunakan dukungan selebriti dan desain yang jelas untuk menetapkan produknya sebagai produk revolusioner dan canggih di benak skaters muda, terlepas dari manfaat sebenarnya dari klaim ini. Teknik-teknik ini mungkin gagal, tetapi ketika mereka berhasil, perusahaan akan bisa memisahkan diri dari pesaing tanpa benar-benar menawarkan sesuatu yang berbeda secara signifikan.

 

  • Persaingan ketat

Kelemahan potensial dari product positioning adalah bahwa setiap perusahaan ingin memposisikan produknya secara positif di benak konsumen, jadi biasanya ada tingkat persaingan yang tinggi. Perusahaan-perusahaan baru sering merasa kesulitan untuk memposisikan produk mereka di pasar yang memiliki pesaing yang mapan. Sehingga pada awalnya banyak perusahaan baru fokus pada pasar yang sangat sempit dan membangun identitas brand mereka sebelum melangkah ke pasar yang lebih besar.

 

  • Perubahan yang Tidak Dapat Dihindari

Kelemahan lain dari product positioning adalah mempertahankan posisi kompetitif di pasar selalu sulit. Konsumen mungkin bosan dengan produk perusahaan, sehingga perusahaan harus menyegarkan citranya dengan mengembangkan produk baru atau dengan meningkatkan kualitas produk lama secara signifikan. Ini bisa sangat sulit jika perusahaan telah mengembangkan citra brand yang sangat berbeda dari identitas baru yang ingin dibuat. Misalnya, brand yang dikenal sebagai alternatif murah akan sulit dipasarkan sebagai barang mewah ketika perusahaan beradaptasi untuk memenuhi permintaan pasar baru. Banyak perubahan lain yang dapat terjadi, mulai dari tekanan ekonomi hingga pergeseran dalam fungsi teknologi, yang semuanya dapat mengancam product positioning yang sebelumnya sukses.

 

Product positioning adalah hal yang harus dimiliki setiap perusahaan agar menang di pasar. Jadi diperlukan product campaign yang tepat juga. Ayo segera diskusikan keinginan Anda bersama Rumah Asyam. Kami akan membantu Anda menjadi pemenang, Hubungi kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com .

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.