Efek Negatif Media Sosial pada Bisnis

Efek Negatif Media Sosial pada Bisnis

 

Digital Branding Indonesia – Media sosial adalah alat yang kuat bagi perusahaan, terutama untuk perusahaan kecil yang mencoba membangun merek, baik secara lokal maupun global, dan menghasilkan penjualan dengan kehadiran di media online. Menurut Infusionsoft, 71% perusahaan kecil menggunakan konten media sosial untuk menarik pelanggan baru pada tahun 2018, dan 38% diantaranya bersedia membayar lebih untuk menanganinya. Namun ketergantungan pada media sosial juga menimbulkan, terutama jika perusahaan tidak memiliki staf yang cukup ahli untuk secara konsisten menangani dan memantaunya. Perencanaan yang tepat agar perusahaan  mendapatkan manfaat positif dari peningkatan kontak dengan pelanggan, keberadaan web yang lebih kuat, dan peluang gratis untuk memperluas jangkauan perusahaan Anda.

 

Namun meskipun media sosial sangat menguntungkan bagi perusahaan, tidak dapat dipungkiri juga adanya efek negatif yang ditimbulkan. Berikut adalah beberapa efek negatif yang dikutip dari Chron.

 

  • Pergeseran Arah Pemasaran

Saat ini pemasaran melibatkan hubungan pribadi dengan pelanggan. Kampanye pemasaran yang tidak melibatkan pelanggan untuk berinteraksi berisiko gagal. Meskipun pemasaran berbasis media sosial dapat digunakan secara efektif, perusahaan yang menyediakan penjualan langsung sekarang harus belajar bagaimana mengembangkan hubungan dengan pembeli. Alih-alih merilis pernyataan tentang lini produk, perusahaan perlu mengembangkan cerita yang mempromosikan budaya produk, bukan hanya menguraikan manfaat khususnya.

 

  • Peningkatan Kekuatan Pelanggan

Sebelum muncul media sosial, pengalaman perusahaan yang negatif mungkin hanya akan berputar pada pelanggan dan sekitarnya, namun sekarang cerita tentang layanan pelanggan yang buruk dan produk yang mengecewakan dapat berjalan dengan cepat melalui jaringan media sosial. Semakin sulit bagi perusahaan untuk mengontrol publisitas negatif. Namun publisitas yang baik juga dapat menyebar lebih cepat. Untuk membantu memerangi umpan balik negatif dari konsumen, tawarkan layanan pelanggan yang kuat melalui semua saluran media sosial Anda dan cobalah menyelesaikan masalah sebelum situasi berkembang makin buruk.

 

  • Melacak Pernyataan Negatif atau Menyesatkan

Media sosial adalah percakapan yang luar biasa, semua orang dapat bergabung. Dengan semua pembicaraan itu, sulit bagi perusahaan untuk melacak pernyataan tentang merek mereka yang negatif atau bahkan memfitnah. Dengan munculnya media sosial, perusahaan memiliki beban tambahan untuk melacak pernyataan dan meresponsnya apalagi jika sudah terlanjur beredar luas di media sosial. Menghubungi pelanggan dengan pengalaman negatif seringkali dapat menghasilkan umpan balik yang lebih baik tetapi berpotensi untuk menjadi bumerang, jadi teliti dengan hati-hati saat Anda menangani media sosial.

 

  • Pelepasan Informasi Rahasia secara Tidak Sengaja

Individu yang memiliki pengetahuan internal tentang bisnis Anda mungkin secara tidak sengaja mengeluarkan informasi rahasia yang dapat merusak keunggulan kompetitif perusahaan. Sebelum adanya media sosial, surat yang dikirim ke alamat yang salah atau bahkan email yang berakhir di kotak masuk yang salah dapat diambil dan informasi tersebut tetap tersembunyi. Di dunia media sosial, informasi sekecil apapun dapat diakses dengan mudah.

 

  • Karyawan Ilegal Berbicara Atas Nama Perusahaan

Sulit bagi perusahaan untuk memonitor aktivitas media sosial karyawan dan mencegah mereka berbicara tentang masalah perusahaan. Di era media sosial ini memiliki banyak resiko, bahkan postingan media sosial yang bermaksud baik tentang tujuan dan strategi perusahaan dapat merusak reputasi perusahaan atau menantang pernyataan perusahaan kepada investor, jika tidak dikelola dengan benar.

 

Media sosial bagaikan dua sisi mata uang yang harus dijaga dengan bijak agar tidak berakibat buruk bagi perusahaan. Ayo segera tangani media sosial Anda secara professional bersama Rumah Asyam. Kami akan membantu Anda menjadi pemenang. Hubungi kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com .

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.