Customer Anda

Customer Anda

 

Digital Branding Indonesia – Seberapa baik Anda atau perusahaan mengenal customer?

 

Ini adalah pertanyaan yang sulit. Tanpa mengenal dan mengetahui apa keinginan customer akan membahayakan bagi langkah promosi maupun strategi pemasaran yang dibuat. Langkah perusahaan tidak seiring dengan customer. Tentu saja ini akan berimbas pada penjualan dan tujuan-tujuan lain yang tidak sesuai target.

 

Jadi apa sebenarnya keinginan dan harapan customer?

 

Berikut adalah hasil penelitian tentang harapan customer dikutip dari laman Helpscout :

  1. Menginginkan pelayanan yang baik dibandingkan pelayanan yang cepat.

Penelitian menunjukkan bahwa customer yang menerima pelayanan yang memuaskan akan lebih mengingat perusahaan dan menyebarkannya ke orang lain.

 

  1. Diperlakukan secara personal.

Customer senang diperlakukan secara lebih personal. Terutama setelah mereka melakukan pembelian. Tetap perhatikan dan tindak lanjuti kebutuhan customer.

 

  1. Diingat namanya.

Penelitian menunjukkan bahwa otak akan terstimulasi saat mendengar beberapa suara yang menyenangkan, misalnya mendengar namanya disebut. Jadi pastikan perusahaan mengenal customer-nya dengan menggunakan nama customer pada saat yang tepat.

 

  1. Kejutan yang menyenangkan.

Kejutan yang menyenangkan terutama di saat yang tidak terduga atau tidak terbayangkan, adalah sebuah kekuatan nyata untuk menarik customer.

Hadiah yang diberikan tidak harus mahal. Hadiah lebih berarti sebagai sebuah tindakan daripada nilai hadiahnya. Hadiah menjadi pengingat customer akan produk, brand atau perusahaan.

 

  1. Program yang sudah berjalan.

Customer lebih menyukai terlibat pada program yang sudah berjalan dibandingkan yang masih direncanakan.

 

  1. Brand stories.

Brand stories disukai karena mampu membawa customer ke dunia lain, membiarkan brand meninggalkan pesan kuat di benak customer.

 

  1. Memberikan ide inovatif bagi perusahaan.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa perusahaan yang sukses dengan inovasinya ternyata mengambil ide yang diberikan customer-nya. Hal ini tidak menjadi aneh karena ide customer adalah apa yang mereka inginkan pada perusahaan.

 

  1. Brand yang panjang usia (long lasting).

Customer lebih menyukai brand yang berusia panjang, kenangan menyenangkan saat menggunakan brand akan sangat kuat menancap di benak customer.

 

  1. Menjadi pusat perhatian.

Customer senang menjadi pusat perhatian terutama untuk event-event tertentu, misalnya pemberian harga khusus bagi kaum ibu pada saat Hari Ibu.

 

Mengenal customer selalu menjadi dasar bagi bisnis untuk menentukan target dan strategi yang akan ditetapkan selanjutnya.

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT