Cara Mengukur Brand Awareness

Cara Mengukur Brand Awareness

 

Digital Branding Indonesia – Brand awareness adalah salah satu ukuran penting dari efektivitas program branding; termasuk didalamnya terdapat citra brand, brand equity dan nilai brand. Tujuannya untuk memaksimalkan brand awareness ke target sasaran perusahaan karena kesadaran memberikan landasan bagi kegiatan pemasaran lainnya untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan. Menurut perusahaan riset pasar, Dobney.com, istilah “brand awareness” mengacu pada persentase pelanggan di pasar yang dapat menyebutkan nama brand.

 

Bagaimana cara mengukur brand awareness yang tepat?

Measurements

Menurut pakar pemasaran, Pierre Chandon dari sekolah bisnis Eropa INSEAD, terdapat dua teknik untuk mengukur brand awareness, yakni ingatan akan brand dan pengenalan brand. Dalam tes ingatan akan brand, peneliti mengukur kemampuan konsumen untuk mengingat nama brand dalam kategori produk tertentu. Dalam tes pengenalan brand, peneliti memberikan daftar brand kepada konsumen dan menanyakan apakah mereka ingat pernah melihat brand tersebut sebelumnya.

 

Brand Recall Goals

Bidik brand sebagai nama pertama yang disebutkan oleh konsumen selama survey brand recall. Ini penting karena brand juga harus menjadi nama pertama yang diingat oleh konsumen ketika mereka membuat keputusan pembelian secara online atau offline. Brand yang mencapai posisi ini digambarkan sebagai “front of mind” dan memiliki keunggulan kompetitif yang kuat. Keberhasilan dalam uji brand recall adalah ukuran efektivitas aktivitas pemasaran perusahaan. Jika brand mencapai posisi rendah dalam tes, ubah program pemasaran untuk lebih fokus pada aktivitas seperti iklan untuk meningkatkan brand awareness.

 

Brand Recognition Goals

Tes brand recognition mengukur efektivitas keputusan pemasaran yang berbeda oleh perusahaan, misalnya memilih satu desain logo dibandingkan yang lain atau menggunakan gambar tertentu dalam iklan perusahaan. Peneliti menunjukkan iklan, logo atau nama brand dan menanyakannya konsumen apakah mereka mengenali atau telah melihat sebelumnya. Contohnya, konsumen dapat menginformasikan bahwa mereka mengenali brand sebagai salah satu yang mereka lihat dalam iklan atau tampilan toko. Tujuan dari tes ini adalah untuk mencapai tingkat pengakuan yang tinggi. Hasil tes dapat membantu perusahaan untuk memperbaiki konten atau desain komunikasi pemasaran sehingga perusahaan dapat meningkatkan tingkat pengakuan dan juga laba.

 

Social Media Goals

Melacak brand di media sosial adalah cara lain untuk mengukur brand awareness. Dengan mengukur jumlah pengikut brand di media seperti Instagram atau Facebook, perusahaan dapat memantau pertumbuhan atau penurunan tingkat ketertarikan konsumen. Sasaran utamanya adalah untuk meningkatkan tingkat pemaparan yang diraih di media sosial.

 

Ingin memperkuat branding perusahaan Anda?

Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk perusahaan Anda.

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.