Cara Menentukan Segmen Dan Target Pasar

Cara Menentukan Segmen Dan Target Pasar

 

Digital Branding Indonesia – Untuk menentukan segmen pasar, perusahaan dapat membagi calon pelanggan ke dalam kelompok yang berbeda. Misalnya berdasarkan usia, hobi, pekerjaan, pendapatan, dll. Sehingga perusahaan dapat menentukan cara kampanye iklan yang sesuai. Mungkin satu iklan hanya bisa sesuai untuk satu produk, dan akan kurang tepat untuk produk lain. Ini akan membutuhkan lebih banyak waktu, tenaga dan biaya namun lebih efektif.

 

Bagaimana cara menentukan segmen dan target pasar yang tepat?

  1. Identifikasi Segmen

Ada tiga metode utama untuk melakukan segmentasi pasar.

  • Segmentasi berdasarkan deskripsi usia, jenis kelamin, pendapatan, jumlah keluarga. Ini relatif sederhana, karena mudah untuk mengidentifikasi orang-orang dalam segmen yang berbeda.
  • Segmentasi perilaku bisa dilihat dari alasan orang menghabiskan uang, seperti keamanan, loyalitas merek, atau keinginan untuk terlihat lebih dari orang lain. Segmen ini lebih sulit untuk diidentifikasi, tetapi menargetkan mereka dapat lebih efektif.
  • Segmentasi manfaat dilihat dari manfaat yang orang kira dapat mereka peroleh dari produk tertentu, tetapi ini bisa sangat sulit diidentifikasi.

Banyak perusahaan menggabungkan ketiga pendekatan tersebut. Namun ada juga yang fokus pada waktu (menargetkan penjualan ke hari libur atau acara khusus), geografi (di mana pelanggan tinggal), atau saluran distribusi ( misalnya, merek berbeda untuk target pasar yang berbeda).

 

  1. Siapa yang menjadi Target

Setelah memiliki data segmentasi, perusahaan harus memutuskan segmen mana yang akan ditargetkan. Lebih spesifik lebih baik. Memilih segmen yang tepat memungkinkan perusahaan menyesuaikan iklan yang tepat.

 

  1. Menyiapkan Biaya Tambahan

Menargetkan segmen pasar tertentu dapat meningkatkan keuntungan. Pelanggan yang merasa produk atau layanan perusahaan sesuai dengan kebutuhan mereka, akan merespons lebih baik daripada yang mereka lakukan terhadap iklan yang umum. Namun, penargetan juga terkadang  membutuhkan biaya tambahan, di luar membayar untuk riset pasar. Jika perusahaan menargetkan lebih dari satu segmen pasar, perusahaan harus membayar untuk beberapa iklan, yang dirancang untuk setiap segmen berbeda. Sebelum berkomitmen pada rencana segmentasi, cari tahu berapa banyak penargetan yang dapat dilakukan.

 

  1. Apakah Segmen Layak Menjadi Target?

Beberapa segmen pasar bukanlah investasi yang bagus. Jika Anda hanya menemukan 50 atau 60 orang dalam satu segmen, mendesain iklan yang ditargetkan hanya untuk grup itu dapat menghabiskan biaya lebih dari nilainya. Bandingkan potensi respon dan potensi keuntungan dengan biayanya sebelum memutuskan.

 

Ingin mempromosikan produk perusahaan Anda dengan tepat? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

LEAVE A COMMENT