fbpx

Bagaimana Iklan dapat Mempengaruhi Product Awareness?

Bagaimana Iklan dapat Mempengaruhi Product Awareness?

 

Digital Branding Indonesia – Iklan membantu menyadarkan pelanggan akan suatu produk dan membangun preferensi produk dibandingkan pesaingnya. Jika iklan berhasil, pelanggan akan memilih produk yang diiklankan ketika mereka melakukan pembelian berikutnya. Namun, membangun kesadaran dan preferensi melalui iklan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Satu kampanye iklan hanya meningkatkan kesadaran untuk periode yang singkat, jadi penting untuk mengalokasikan anggaran untuk iklan selama periode waktu tertentu untuk mempertahankan tingkat kesadaran dan penggunaan yang tinggi.

 

Namun, bagaimana sebenarnya iklan dapat mempengaruhi kesadaran akan produk (product awareness) ?

  • Choice (Pilihan)

Iklan dapat membantu pelanggan dalam memilih produk atau merek yang berbeda. Menurut C. Clark dari Institute of Applied Economics, dalam jurnal “Quantitative Marketing and Economics”, produk harus membentuk bagian dari serangkaian pilihan pelanggan dan pelanggan harus lebih memilih satu produk daripada yang lainnya dalam rangkaian pilihan. Jika riset pasar menunjukkan bahwa konsumen mengetahui produk A, B, dan C, sedangkan Anda memasok produk X, maka Anda harus membuat pelanggan mengetahui produk Anda sehingga menjadi bagian dari rangkaian pilihan mereka.

 

  • Preferences (Ketertarikan)

Dengan beriklan, Anda dapat membuat pelanggan sadar akan keberadaan dan ketersediaan produk Anda. Namun, meningkatkan kesadaran hanyalah tahap pertama dalam membujuk pelanggan untuk membeli dan menggunakan produk Anda. Iklan Anda harus meyakinkan mereka tentang kualitas produk. Testimoni dari pelanggan yang puas atau laporan pencapaian standar kualitas dalam iklan Anda dapat membantu membangun kepercayaan dan ketertarikan untuk produk Anda.

 

  • Time (Waktu)

Kesadaran dan ketertarikan meningkat atau menurun dari waktu ke waktu, tergantung pada kualitas dan frekuensi iklan. Iklan yang sering dilakukan dapat membangun tingkat kesadaran mulai dari pengakuan terhadap produk hingga pemahaman tentang sifat produk dan manfaatnya. Tingkat kesadaran dan ketertarikan dapat menurun jika Anda tidak terus beriklan atau jika pesaing meningkatkan kualitas iklan dibandingkan dengan Anda.

 

  • Interactive (Interaktif)

Beriklan di Internet memudahkan untuk mengukur efek iklan terhadap kesadaran dan penggunaan produk. Menurut Paul A. Pavlou dan David W. Stewart dalam “Journal of Interactive Advertising”, ketika pelanggan mengklik iklan Internet Anda untuk mendapatkan informasi produk lebih lanjut, Anda dapat segera mengukur keberhasilan kampanye dalam hal jumlah respons. Jika pelanggan kemudian membeli produk yang diiklankan secara online, Anda memiliki ukuran langsung dari efektivitas kampanye pada penggunaan produk.

 

  • Efektif di Internet

Untuk meningkatkan kesadaran dan penggunaan produk, Anda juga dapat mempertimbangkan metode iklan lain yang digunakan pelanggan untuk mendapatkan informasi produk. Pelanggan mengumpulkan dan berbagi informasi dengan mencari atau memposting ulasan dan umpan balik di situs web. Mereka juga bertukar informasi dan preferensi melalui situs jejaring sosial, memengaruhi pilihan pelanggan lain dengan cara yang mirip dengan iklan tradisional.

 

Pengembangan dan penguatan product awareness adalah salah satu keunggulan Rumah Asyam. Segera diskusikan ide dan keinginan Anda bersama Kami. Hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.