Bagaimana Cara Mempengaruhi Konsumen ?

Bagaimana Cara Mempengaruhi Konsumen ?

 

Digital Branding Indonesia – Inti aktivitas pemasaran adalah untuk mempengaruhi dan meyakinkan konsumen.

Bagaimana caranya? Apakah hanya dengan sekedar melempar produk ke pasar dan berharap konsumen akan mendapati produk kita kemudian terpengaruh? Tentu tidak semudah itu.

Konsumen dipengaruhi banyak hal sebelum membeli produk, misalnya dari sisi psikologi, geografi, lingkungan, dll. Perusahaan harus bekerja keras untuk mempengaruhi konsumen agar membeli produk yang ditawarkan.

 

Berikut adalah beberapa tips mempengaruhi konsumen dikutip dari laman Inc.com :

  1. Timbal balik.

Orang-orang merasa memiliki kewajiban untuk memberikan timbal balik atas apa yang sudah diterimanya. Pastikan perusahaan menjadi yang pertama melakukan timbal balik kepada konsumen secara personal dan tidak terduga setelah mereka membeli produk.

 

2. Kelangkaan

Konsumen cenderung lebih menginginkan produk yang langka atau dikeluarkan secara terbatas di pasaran. Namun perusahaan harus memberikan keuntungan dan keunikan produk dimana konsumen akan merasa kehilangan jika tidak membelinya. 

 

3. Kekuasaan

Orang cenderung mengikuti pakar yang berpengaruh dan kompeten. Pastikan perusahaan memang kompeten sebelum berinteraksi dan mempengaruhi konsumen. Misalnya dokter akan mencantumkan semua gelarnya untuk mempengaruhi pasiennya.

 

4. Konsistensi

Konsistensi perusahaan bisa digerakkan dengan hal-hal kecil dalam berinteraksi dengan konsumennya. Informasi atau apapun itu harus dilakukan secara terus menerus ke pasar.

 

5. Kegemaran

Konsumen cenderung tertarik pada hal-hal yang memang disukainya. Namun bagaimana cara mempengaruhi konsumen untuk menyukai hal lain? Mulailah dengan mengumpulkan apa saja kesamaan perusahaan dengan konsumen dan carilah celah tentang produk yang sesuai.

 

  1. Pengaruh orang lain.

Terkadang konsumen terpengaruh orang lain sebelum membeli produk. Perusahaan harus dapat mempelajari pengaruh-pengaruh di luar konsumen yang sekiranya dapat mempengaruhi konsumen sebelum membeli produk.

 

Coba terapkan hal-hal di atas pada perusahaan. Dan lihatlah keuntungan yang akan diperoleh.

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT