Arti Penting Brand Awareness

Arti Penting Brand Awareness

 

Digital Branding Indonesia – Sebuah brand adalah makna di balik nama, logo, simbol, dan slogan perusahaan. Memiliki brand yang unik dan mudah diingat membantu perusahaan membangun brand awareness (kesadaran akan merek) dan menciptakan posisi jangka panjang di pasar. Brand Awareness adalah ukuran seberapa baik brand dikenal target pasarnya.

 

Apa pentingnya brand awareness bagi perusahaan?

First Step

Menciptakan brand awareness merupakan langkah pertama dalam membangun sasaran konsumen. Sebelum perusahaan dapat menciptakan kesan yang baik atau memotivasi konsumen untuk membeli, perusahaan harus menyadari brand dan maknanya. Pesan pemasaran yang disampaikan melalui berbagai media sering digunakan untuk mengkomunikasikan nama brand dan pesan penting yang terkait dengan produknya.

 

Top of  Mind

Tingkat brand awareness tertinggi adalah top of mind (kesadaran atas pikiran). Ini adalah ketika konsumen  memikirkan perusahaan Anda terlebih dahulu ketika mereka akan melakukan pembelian dalam kategori produk perusahaan Anda. Perusahaan dapat membangun kesadaran atas pikiran melalui pemaparan berulang dan pengiriman produk atau layanan yang baik secara konsisten dari waktu ke waktu. Ini adalah keuntungan besar di pasar ketika konsumen memasuki situasi pembelian dan brand perusahaan Anda segera muncul di pikiran pertama.

 

Build Equity

Ekuitas adalah nilai brand di luar aset fisik perusahaan seperti bangunan dan peralatan. Untuk mengembangkan brand equity yang kuat perusahaan harus mengembangkan tingkat brand awareness yang tinggi. Semakin banyak orang yang menyadari perusahaan Anda dan semakin kuat reputasi perusahaan Anda, semakin besar potensi keuntungan perusahaan dan nilai brand secara keseluruhan. Word of mouth memainkan peran yang kuat dalam membantu brand mengembangkan basis konsumen dan mengembangkan hubungan yang setia dengan konsumen potensial.

 

Digital Impact

Pentingnya brand awareness menjadi semakin signifikan dengan perkembangan internet dan teknologi digital. Masyarakat dipermudah dengan adanya alat-alat media mobile dan sosial untuk berkomunikasi dengan cepat tentang brand, baik positif maupun negatif. Ini berarti bahwa membangun reputasi yang baik untuk produk atau layanan, integritas dalam perjalanan perusahaan dan keterlibatan masyarakat lebih penting untuk kesuksesan jangka panjang.

 

Ingin memperkuat branding perusahaan Anda?

Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk perusahaan Anda.

LEAVE A COMMENT