fbpx

Apa Pengaruh Media Sosial Bagi Perusahaan Ritel?

Apa Pengaruh Media Sosial Bagi Perusahaan Ritel?

 

Digital Branding Indonesia – Berkembangnya media sosial di tengah masyarakat memaksa banyak perusahaan untuk mengubah strategi pemasaran agar tetap bertahan. Media sosial memengaruhi perusahaan di semua level dan bidang dengan beberapa cara berbeda. Karena media sosial, perusahaan harus membuat brand mereka lebih pribadi, memasarkan produk mereka secara berbeda dan berkomunikasi dengan pelanggan dengan cara baru.

 

Sebagai langkah antisipasi dalam bisnis, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal tentang pengaruh media sosial bagi perusahaan ritel.

  • Tentang Media Sosial itu Sendiri

Website dan aplikasi media sosial memungkinkan pengguna membuat komunitas online untuk berbagi konten, seperti video, pesan pribadi, gambar, ide, dan informasi lain tentang diri mereka sendiri. Sebagian besar bentuk media sosial menerima pengguna individu maupun organisasi, seperti perusahaan dan kelompok nirlaba. Profil media sosial perusahaan dapat mencakup tautan ke website, informasi kontak, dan gambar produk atau layanan yang ditawarkan.

 

  • Pemasaran

Perusahaan harus bisa menemukan cara baru untuk menerapkan strategi pemasaran mereka melalui media sosial. Sebelum pengembangan platform media sosial, perusahaan mengandalkan selebaran yang dikirim melalui surat, iklan televisi, dan dari mulut ke mulut. Meskipun, taktik pemasaran ini masih berguna, perusahaan sekarang dapat menggunakan media sosial untuk menginformasikan kepada konsumen tentang penjualan, kedatangan produk baru dan promosi secara cepat. Konsumen dapat terhubung dengan staf  pemasaran favorit mereka secara online untuk tetap mendapat informasi tentang perkembangan terbaru.

 

  • Komunikasi

Media sosial juga mempengaruhi cara perusahaan ritel berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Daripada menelepon toko, menulis surat atau mengirim email, banyak pelanggan lebih suka berkomunikasi menggunakan media sosialnya. Pelanggan dapat mengirim pesan pribadi ke perusahaan, atau memposting informasi kepada publik. Pelanggan menggunakan media sosial untuk memberikan umpan balik positif dan negatif tentang produk atau layanan perusahaan. Jika pelanggan memposting informasi ini secara online, itu dapat mempengaruhi pendapat konsumen lain yang terhubung ke profil perusahaan. Penting bagi perusahaan, untuk mengetahui ulasan dan detail lain yang diposting secara online dan menyelesaikan masalah jika ada, agar dapat menumbuhkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan reputasi perusahaan.

 

  • Branding

Media sosial mempengaruhi cara pelanggan memandang brand perusahaan. Sebelum media sosial menjadi populer, sebagian besar pelanggan menganggap perusahaan sebagai sesuatu yang asing dan berjarak. Namun, media sosial membuka hubungan baru antara perusahaan dan konsumennya. Konsumen yang terhubung dengan perusahaan menggunakan media sosialnya untuk mempengaruhi konsumen potensial lainnya dalam memandang brand. Misalnya, jika perusahaan menjual barang-barang olahraga ternama untuk konsumen di usia 20-an, maka konsumen lain lebih mungkin mengaitkan perusahaan dengan demografi usia tersebut.

 

Jadi, sudah saatnya perusahaan Anda menguatkan pasar dengan hadir di media sosial. Dengan dukungan tim yang hebat dan berpengalaman, Rumah Asyam akan membantu Anda menjadi pemenang. Hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.