fbpx

Apa Kiat Sukses Meluncurkan Produk Secara Online?

Apa Kiat Sukses Meluncurkan Produk Secara Online?

 

Digital Branding Indonesia – Meluncurkan produk di toko konvensional (offline) bisa didukung dengan pemberian undian dan hadiah, menghias toko dengan poster yang menonjolkan produk dan melatih tim penjualan untuk membujuk konsumen mencoba produk baru dengan diskon atau gratis.

 

Nah bagaimana jika peluncuran produk dilakukan secara online? Berikut ini ada beberap tips yang bisa Anda perhatikan, dikutip dari situs Chron. 

 

  • Identification (Identifikasi)

Meluncurkan produk baru melalui website perusahaan memerlukan pemanfaatan ruang maya untuk memberi tahu konsumen tentang barang baru tersebut. Steven Haines, penulis buku, “The Desk Manager’s Desk Reference,” menjelaskan bahwa peluncuran produk bergantung pada kemampuan perusahaan untuk mengukur kesuksesan keuangan produk, menugaskan staf khusus untuk bertanggung jawab atas peluncuran dan membuat infrastruktur yang dapat menangani masalah maupun permintaan produk. Peluncuran virtual harus diiringi dengan website yang mampu menangani pesanan dan melacak penjualan barang.

 

  • Multi Platform Launch Ideas (Ide Peluncuran di Berbagai Media)

Perusahaan dapat membuat video viral, blog khusus, dan membuat video teaser sebagai bagian dari strategi peluncuran produk online. Courtney Barnes menjelaskan dalam bukunya, “Digital Strategies for Powerful Corporate Communications,” bagaimana satu jaringan televisi mempromosikan acara barunya dengan membuat blog yang ditulis dari sudut pandang karakter acara televisi, mendorong produk dari dunia karakter dan menciptakan dunia digital yang menjelaskan lingkungan karakter. Dengan demikian, mengintegrasikan banyak outlet online dari blog ke video adalah salah satu cara untuk meluncuan produk baru.

 

  • Email Campaign (Promosi via Email)

Promosi via email adalah bagian dari peluncuran produk online yang dirancang dengan baik. Meskipun konsumen tidak bereaksi dengan baik terhadap email yang berlebihan, namun dengan menawarkan diskon promosi dan sampler produk baru akan menjadi metode efektif untuk promosi produk baru. Jika produk baru adalah buku atau album musik, pertimbangkan untuk menawarkan kutipan dari tokoh atau kesempatan untuk mengunduh lagu gratis dari album baru. Bisa juga menggunakan promosi  untuk menawarkan diskon kepada 100 pelanggan pertama yang membeli barang atau menyediakan pengiriman gratis.

 

  • Partnership Promotion (Promosi Kemitraan)

Promosi silang dengan perusahaan lain juga dapat menjadi cara yang efektif untuk meluncurkan produk. Temukan vendor pelengkap untuk memberikan promosi silang. Misalnya, jika Anda adalah perusahaan rias yang meluncurkan rangkaian eyeliners baru, pertimbangkan bermitra dengan toko produk mandi untuk memberikan diskon dan penawaran bersama. Promosikan barang-barang mandi di toko bersamaan dengan eyeliners Anda.

 

  • Social Marketing Campaign (Kampanye Pemasaran Sosial)

Gunakan sejumlah situs media sosial dalam upaya promosi. Misalnya, Twiter, Facebook atau instagram. Michael Stelzner menjelaskan dalam bukunya, “Launch: How to Quickly Propel Your Business Beyond the Competition” bahwa banyak bisnis beralih dari iklan cetak ke media online interaktif.

 

Sudah siap untuk berbisnis secara online? Ayo segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Dengan didukung tim yang hebat dan berpengalaman, Kami akan membantu Anda menjadi pemenang. Hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.