fbpx

9 Cara Menangani Efek Negatif Media Sosial Bagi Perusahaan

9 Cara Menangani Efek Negatif Media Sosial Bagi Perusahaan

 

Digital Branding Indonesia – Kehadiran perusahaan di dunia digital membuat perusahaan harus berani menghadapi ulasan dan komentar negatif, baik dari akun asli maupun tidak. Anda mungkin dapat mempekerjakan staf khusus untuk menangani media sosial yang dapat memberikan solusi jika ada masalah dan bahkan membantu mendapatkan kembali kepercayaan pelanggan. Meskipun terkadang masih juga gagal.

 

Nah, bagaimana cara menangani efek negative media sosial yang jitu?

  1. Hindari tanggapan yang tidak profesional.

Ada baiknya memiliki strategi pengiriman pesan dasar untuk komentar negatif di media sosial, atau cobalah untuk mempersonalisasi pesan. Terkadang orang bereaksi negatif hanya karena ingin didengar dan direspon.

 

  1. Bersikap empatik.

Seorang pelanggan mungkin tidak selalu benar, tetapi mereka layak didengar. Dengarkan responnya dan minta lebih banyak rincian sehingga Anda dapat melakukan sesuatu tentangnya. Tempatkan diri Anda pada posisi dan perasaan mereka, dan tunjukkan bahwa Anda peduli. Biarkan mereka curhat, lalu lakukan apa yang Anda bisa untuk memberikan solusi. Mereka akan jauh lebih bahagia mengetahui Anda peduli tentang mereka,

 

  1. Akui masalah.

Ketika respon negatif diterima, yang tebaik adalah mengakui dan meminta maaf atas kegagalan Anda dalam memenuhi harapan mereka. Anda juga dapat membantu berterima kasih kepada mereka karena telah memberikan respon sehingga Anda dapat mengambil tindakan yang diperlukan.

 

  1. Tawarkan solusi.

Daripada menanggapi setiap komentar negative pelanggan, Anda dapat memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah.

 

  1. Buat pelanggan merasa didengarkan.

90% pelanggan yang memberikan respon negative hanya ingin didengar. Terkadang Anda tidak memiliki solusi segera dan itu tidak masalah. Pastikan untuk menetapkan waktu selesai masalah dengan memberi tahu mereka bahwa Anda sedang mengerjakan solusi .

 

  1. Bawa offline.

Sebagian besar komentar negatif terhadap merek atau produk harus diambil offline, untuk mencegah perluasan masalah. Anda tidak ingin orang lain melihat situasi berantakan di web, agar seluruh dunia melihatnya. Solusi yang tepat adalah mengirim email kepada pelanggan tersebut untuk membahas masalah dan mencari solusi.

 

  1. Teliti masalahnya.

Sebagian besar perusahaan hanya akan membalas dengan permintaan maaf dan membiarkan pelanggan melakukan apa yang mereka mau. Cara yang lebih efektif adalah dengan meneliti secara menyeluruh pada titik masalah, menyelesaikannya sendiri dan kemudian merespons dengan penjelasan yang tepat dan apa yang akan dilakukan di masa depan untuk memperbaikinya .

 

  1. Tawarkan kontak pribadi.

Tanggapi pelanggan melalui komentarnya dan berikan mereka contact personal untuk menyelesaikan masalah mereka. Sehingga pelanggan lain pun akan mengakui bahwa perusahaan Anda didedikasikan untuk pelanggan .

 

  1. Cepat, tenang dan bermanfaat.

Langkah pertama adalah memastikan bahwa pengaduan itu sah (verified), dan bukan provokasi tanpa tujuan. Kemudian, usahakan perusahaan merespons pada hari yang sama, lengkap dengan solusinya. Jangan pernah memberikan respon balik yang bersifat menyerang

 

Ingin mengembangkan media sosial perusahaan yang profesional? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami punya solusi yang jitu! Hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.