8 Cara Berbeda untuk Mengiklankan Produk yang Tepat

8 Cara Berbeda untuk Mengiklankan Produk yang Tepat

 

Digital Branding Indonesia – Dikutip dari Wikibooks, iklan diterjemahkan sebagai suatu pesan tentang barang/jasa (produk) yang dibuat oleh produser/pemrakarsa yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat. Tujuan iklan adalah untuk memberi tahu masyarakat, serta mengajak dan mempengaruhi masyarakat untuk membeli suatu produk.

Caranya adalah dengan menemukan media iklan yang sesuai dengan bisnis, anggaran, dan target pelanggan. Anda akan memiliki banyak pilihan untuk dipilih, karena media tradisional seperti media cetak dan media baru seperti jejaring sosial memiliki kelebihan masing-masing. Seperti yang dikutip dari situs Chron, berikut ini:

 

  1. Iklan Online Berbayar

Memposting iklan di situs web adalah salah satu cara untuk menyebarkan informasi tentang bisnis Anda. Situs jejaring sosial seperti Facebook memiliki program periklanan yang memungkinkan pengiklan untuk menargetkan demografi yang sangat spesifik. Iklan ini hanya muncul di sebelah profil yang memenuhi spesifikasi target pasar produk Anda. Untuk internet secara umum, Anda memiliki banyak opsi untuk penempatan iklan, misalnya Google AdWords. Tetapi masih banyak situs lain yang juga dapat membantu memposisikan iklan Anda dengan tepat.

 

  1. Pemasaran media sosial

Platform media sosial adalah alat pemasaran yang menarik untuk bisnis baru, karena bisa mempromosikan diri sendiri dengan biaya relatif murah bahkan gratis. Anda hanya harus menginvestasikan waktu yang signifikan dalam membangun kehadiran, dan membuat konten yang menarik dan layak diikuti. Konten menarik yang bisa menarik pengikut misalnya diskon, hadiah atau penjualan terbatas. Atau minta influencer dengan banyak pengikut untuk me-review produk Anda.

 

  1. Iklan koran

Bentuk iklan tradisional, seperti iklan surat kabar harian dan mingguan memungkinkan Anda untuk menargetkan lingkungan geografis tertentu. Menempelkan insentif, seperti kupon di iklan dapat membantu Anda menilai keefektifannya. Membeli iklan di bagian/halaman yang relevan dengan bisnis Anda, misalnya iklan bisnis restoran di halaman kuliner, juga dapat membantu menjangkau klien target.

 

  1. Iklan Radio

Jingle dan tagline yang menarik dapat meningkatkan keefektifan iklan radio. Pilih stasiun radio yang sesuai dengan demografi target. Jika Anda ingin menjangkau orang dewasa berusia 35 hingga 60 tahun, stasiun radio dewasa adalah pilihan yang bagus. Stasiun radio dengan pilihan lagu dan gaya yang kekinian cocok untuk untuk menjangkau target usia 18 hingga 24 tahun. Menurut survei Neilsen, radio didengar oleh sekitar 59%  dari populasi setiap hari dengan rating kepercayaan 45%.

 

  1. Iklan Televisi

Iklan TV lokal mungkin memerlukan waktu dan upaya untuk menghasilkan feedback, tetapi bisa sangat efektif jika Anda menjual produk atau layanan di TV nasional, meskipun biaya yang dibutuhkan juga lebih tinggi dan bervariasi berdasarkan segmen pasar dan pemrograman.

 

  1. Public Speaking

Jika produk yang Anda jual berhubungan dengan keahlian Anda sendiri, public speaking dapat menjadi iklan yang bagus. Tawarkan layanan Anda kepada target audiens yang dapat memperoleh manfaat dari acara seminar, training, dll yang Anda bawakan. Bawa kartu bisnis dan materi promosi ke acara tersebut untuk mendorong audiens menyebarkan berita tentang layanan Anda.

 

  1. Brosur dan Flyer

Menempatkan selebaran di kotak surat, atau memasang iklan di gagang pintu, adalah cara yang baik untuk menargetkan area tertentu dan memastikan pelanggan potensial Anda telah melihat informasi Anda. Bahkan jika sebagian besar pemilik rumah akan membuang informasi tersebut, tetap tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan sejumlah klien sebagai respon positif dari kampanye pemasaran tersebut.

 

  1. Sponsor Acara

Mengiklankan produk atau layanan melalui sponsor acara bisa dalam berbagai bentuk. Misalnya Anda menjadi sponsor dalam sebuah program acara, maka Anda dapat memberikan contoh produk, atau bisa juga dengan menampilkan logo perusahaan di poster acara. Cara lainnya adalah dengan membuat stempel cap tangan yang menyandang logo perusahaan Anda untuk memasuki arena acara, sehingga para peserta akan memiliki logo Anda minimal untuk satu atau dua hari.

 

Sudahkah Anda memilih media iklan yang tepat? Jika masih bingung, silahkan hubungi Rumah Asyam. Kami akan sigap membantu Anda.  Telepon kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.