5 Teknik Dasar Iklan Paling Hits

5 Teknik Dasar Iklan Paling Hits

 

Digital Branding Indonesia – Iklan yang sukses menciptakan keinginan membeli dari target konsumen (pemirsa, pendengar, atau pembaca). Ini juga memberikan informasi tentang cara memenuhi keinginan itu dan membuat calon pelanggan merasa senang melakukannya. Dengan begitu banyak produk dan penyedia layanan di pasar, menggunakan teknik yang tepat dalam iklan Anda akan meningkatkan kemungkinan bahwa biaya iklan yang Anda keluarkan akan memberikan pemasukan yang jauh lebih besar.

 

Berikut ini adalah 5 teknik dasar iklan yang paling popular, yaitu:

  • Repetition (Pengulangan)

Repetition adalah teknik sederhana namun efektif yang digunakan untuk membangun kesadaran identitas dan ingatan pelanggan. Bahkan iklan yang menggunakan pendekatan lainnya tetap menyebutkan produk atau nama perusahaan lebih dari satu kali, terutama di televisi karena kombinasi penglihatan dan suara, memungkinkan pengiklan untuk menyamarkan pengulangan dengan mengubah pengirimannya (dari visual ke audio). Meskipun iklan tidak pernah menjelaskan apa yang produk tersebut lakukan, pemirsa bisa mengingat namanya.

 

  • Claim (Klaim)

Iklan yang menggambarkan suatu produk, mempromosikan fitur tertentu atau membuat klaim tentang apa yang dapat dilakukan produk atau layanan untuk pelanggan akan memberikan hasil yang sukses dengan memberi tahu, mendidik, dan mengembangkan harapan pada pembeli. Klaim dapat menyatakan fakta seperti “produk lokal” atau “baru, harga rendah”. Klaim juga dapat menggunakan sedikit hype, seperti menyebut satu merek jus jeruk “tinggi vitamin C” atau melabeli mainan “dicintai oleh anak-anak di mana saja”. Klaim seperti ini dapat menarik perhatian pembeli dan membantu menciptakan penjualan, tetapi hindari klaim yang berlebihan karena dapat dianggap tidak benar dan bahkan dapat menyebabkan masalah hukum.

 

  • Association (Asosiasi)

Mengaitkan produk atau perusahaan dengan orang terkenal, jingle yang menarik, keadaan yang diinginkan atau emosi yang kuat akan menciptakan hubungan psikologis yang kuat pada pelanggan. Perusahaan peralatan olahraga menggunakan atlet yang sukses dalam iklan mereka, perusahaan mobil menampilkan mobil mereka di depan rumah mewah, dan perusahaan kosmetik menggunakan selebriti untuk mewakili produk mereka. Iklan ini mendorong respons emosional pada pelanggan, yang kemudian dikaitkan dengan produk yang diiklankan, membuatnya tertarik melakukan pembelian.

 

  • Bandwagon (Kebersamaan)

Teknik bandwagon menjual produk atau layanan dengan meyakinkan pelanggan bahwa orang lain menggunakannya dan mereka harus bergabung dengan kerumunan. Iklan ini menunjukkan bahwa pelanggan akan ditinggalkan jika mereka tidak membeli apa yang Anda jual. Iklan ini sering menggunakan “generalisasi”, yakni kata-kata yang terkait dengan gagasan atau konsep yang membangkitkan persetujuan instan, yang mungkin tidak berhubungan dengan subjek iklan. Misalnya “Indonesia suka …” hal ini menghubungkan rasa patriotisme dengan produk dan menciptakan respons positif otomatis.

 

  • Promotion (Promosi)

Kupon, permainan dengan hadiah, undian dan hadiah dengan pembelian dapat menciptakan kegembiraan, dan mendorong pelanggan untuk membangun hubungan dengan produk atau layanan yang mensponsorinya. Daya tarik untuk mendapatkan sesuatu yang “gratis” atau mendapatkan “hadiah” membuat promosi berhasil. Penawaran waktu terbatas dan tenggat waktu juga menambahkan urgensi pada ajakan bertindak untuk iklan ini.

 

Ada banyak media untuk beriklan, salah satunya adalah melalui product campaign. Dan Kami siap menjadi partner Anda. Diskusikan dengan Kami sekarang juga, Kami akan senang berbicara dengan Anda. Telepon kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com .

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.