5 Prinsip Brand Management

5 Prinsip Brand Management

 

Digital Branding Indonesia – Brand harus membedakan diri mereka di pasar untuk membuat produk mereka dikenali. Brand yang baik tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk branding, brand ini menggunakan brand management yang strategis untuk meningkatkan brand secara berkelanjutan. Dan nilai brand adalah faktor yang menentukan untuk keputusan pembelian di pasar digital saat ini. Berbagai macam produk dan layanan dapat diakses oleh semua orang.

 

Apa itu brand management?

Brand management adalah pengembangan persepsi brand di pasar. Membangun hubungan positif dengan target pasar sangat penting dalam brand management. Brand management adalah aspek penting dari pemasaran, yang menggunakan teknik canggih untuk meningkatkan nilai suatu produk. Bergantung pada strategi pemasaran yang diterapkan, brand management dapat meningkatkan harga produk dan membangun pelanggan setia

 

Jadi bagaimana perusahaan memulai membangun dan meningkatkan brand?

Berikut adalah lima prinsip brand management yang sederhana dan efektif.

 

  • Manfaatkan Tema Penjualan Unik Anda

Untuk menemukan tema yang unik, perusahaan harus memahami di mana produk masuk ke pasar. Apa yang membuat produk itu berbeda dari pesaingnya? Apakah lebih tahan lama atau hemat biaya? Dan bagaimana perusahaan Anda berbeda? Apakah lebih inovatif atau stabil? Apapun itu, definisikan dan tuliskan. Misalnya: “Perusahaan kami adalah yang paling kreatif dan produk kami adalah yang paling unggul”.

 

  • Gunakan Marcomm untuk Mendorong Kesadaran Merek

Setiap aktivitas pemasaran – secara implisit atau eksplisit – harus mempromosikan kesadaran akan brand. Ini berlaku di setiap saluran. Pastikan brand dipasarkan secara efektif dan efisien dengan mengukur bagaimana kinerja pemasarannya. Jika brand inovatif dan segar, Anda mungkin ingin memasarkan brand melalui pemasaran digital. Jadilah pelopor pemikiran inovasi teknologi dan jadikan brand sebagai yang pertama diingat konsumen.

 

  • Kembangkan Brand Secara Internal

Ketika perusahaan mengidealkan dan mengembangkan brand, perusahaan harus melakukannya secara kolaboratif. Dapatkan dukungan dari departemen lain dan pemangku kepentingan eksternal. Ini membantu perusahaan memasukkan pandangan lain ke dalam brand, yang mungkin telah diabaikan. Misalnya, tim Produk tahu bagaimana pelanggan menggunakan produk perusahaan dan perusahaan dapat memfasilitasi kesinambungan selama proses pembelian jika perusahaan memasukkan informasi ini ke dalam brand. Semua karyawan adalah brand ambassador. Dapatkan dukungan dari seluruh perusahaan untuk mengkomunikasikan brand secara efektif di berbagai area perusahaan. Penerapan internal branding ini sangat penting untuk menjaga konsistensi brand. Pastikan setiap departemen secara efektif mewakili brand dalam semua komunikasi dengan pelanggan, mitra, dan supplier.

 

  • Gunakan Influencer untuk Menyebarkan Brand

Cara terbaik untuk memasarkan brand adalah dengan meminta orang lain untuk melakukannya. Dan siapa yang lebih baik melakukannya daripada influencer yang sudah memiliki pasar target percaya. Teorinya sederhana, seseorang yang tidak memiliki kepentingan pribadi lebih dapat dipercaya dan dipercaya. Membangun dan mempertahankan hubungan dengan influencer merupakan tantangan tetapi dengan sentuhan yang tepat dapat mempertahankan kemitraan yang saling menguntungkan. Ini paling sering dilakukan melalui media sosial tetapi ada tempat-tempat penting lainnya seperti acara langsung atau webinar. Dan ketika Anda terlibat dengan influencer, pastikan untuk menghormati ketidakberpihakan mereka.

 

  • Pertahankan Konsistensi Brand

Orang datang dan pergi, proses dan produk berubah, tetapi brand harus tetap konsisten. Dan meskipun  evolusi brand yang stabil adalah penting, brand inti tidak pernah berubah. Tetapi elemen visual yang mewakili brand seringkali sulit untuk dikelola. Gambar, video, skema warna dan logo mudah dibuat tetapi tidak selalu konsisten digunakan.

 

Ingin memperkuat branding perusahaan Anda?

Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

 

(Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A COMMENT