5 Cara Membangun Personal Branding Dalam Dunia Kerja

5 Cara Membangun Personal Branding Dalam Dunia Kerja

 

Digital Branding Indonesia – Personal branding adalah cara membangun dan memperkuat siapa Anda dan apa yang Anda perjuangkan dalam karir dan kehidupan Anda secara konsisten. Konsep personal-branding menunjukkan bahwa kesuksesan berasal dari bagaimana Anda mengemas diri Anda.

 

Berikut adalah lima cara Anda memperkuat personal branding dalam dunia kerja :

  1. Katakan Ya Untuk Peluang Kerja yang Relevan

Salah satu cara untuk membentuk reputasi profesional adalah terlibat dalam proyek, peran, atau inisiatif yang memperkuat identitas yang Anda inginkan. Jo Miller, CEO Be Leaderly, menjelaskan bahwa personal brand perlu berevolusi pada titik-titik tertentu dalam karier, atau itu akan menghambat Anda. Pikirkan dimana Anda ingin berada dalam beberapa tahun, kemudian pertimbangkan kegiatan spesifik mana yang akan membantu Anda membangun personal brand yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan itu.

 

  1. Bicara di Depan Umum

Jeff Butler, seorang penulis dan pembicara TEDx, menjelaskan bahwa orang-orang yang melangkah ke panggung dipandang sebagai penguasa dan pemimpin. Berbicara memberi Anda kredibilitas langsung tidak hanya secara internal tetapi juga secara eksternal di mana perusahaan lain melihat Anda sebagai seorang ahli.

 

  1. Ajukan Satu Pertanyaan Pada Setiap Pertemuan yang Anda Hadiri

Jangan berbicara tanpa tujuan, tetapi temukan cara yang cocok bagi Anda untuk terlibat secara lisan dalam rapat staf, acara peluncuran, atau konferensi. Grant Schreiber, Editor, Pendiri dan CEO Schreiber Media mengatakan rapat atau konferensi merupakan peluang yang sangat berharga ketika mengajukan pertanyaan yang baik, sehingga dapat membantu membangun personal brand Anda. Berikan pertanyaan yang tidak biasa yang memberi ide baru pada topik yang sedang dibahas, semakin orisinal semakin baik. Perkenalkan diri Anda sebelum mengajukan pertanyaan dengan nama lengkap, jabatan dan perusahaan Anda. Hal ini sebagai branding pribadi gratis terbaik yang memungkinkan Anda untuk juga meningkatkan profil Anda di antara sesama rekan yang hadir.

 

  1. Buat Komunitas di Luar Lingkungan Kerja

Morgan Chaney, Kepala Pemasaran Blueboard.com, mengatakan bahwa komunitas akan membangun personal brand Anda. Ini adalah komunitas di luar rekan kerja langsung Anda. Meningkatkan visibilitas di antara rekan-rekan juga membuat Anda lebih mudah dipromosikan. Karena orang-orang mempromosikan orang-orang yang mereka kenal, percaya, dan siapa yang mereka lihat kompeten.

 

  1. Berteman dengan Influencer

Salah satu cara terbaik untuk memperkuat personal brand Anda adalah dengan memanfaatkan jangkauan jurnalis, influencer dan pemimpin industri. Anda harus secara proaktif memberikan saran dan dukungan dalam bidang keahlian Anda. Bergabunglah dengan grup yang relevan dan buat koneksi. Terlibatlah dalam komunitas online dan offline. Pertimbangkan untuk terlibat aktif dalam diskusi terkait LinkedIn atau grup Facebook. Jika Anda ingin agar suara Anda dikenal dalam cakupan industri yang relevan, Anda dapat menjadikan diri Anda sebagai komentator ahli di antara jurnalis yang meliput pekerjaan spesifik Anda.

 

 

(Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A COMMENT