10 Kesalahan Penggunaan Media Sosial di Perusahaan

10 Kesalahan Penggunaan Media Sosial di Perusahaan

 

Digital Branding Indonesia – Akhir-akhir ini banyak media sosial yang menjadi jalan sukses dalam meningkatkan performa perusahaan. Meskipun ada beberapa perusahaan yang belum memahami betapa kuatnya peran media sosial untuk meningkatkan penjualan, membangun merek, dan mengembangkan kesetiaan pelanggan; banyak juga yang sudah menyadari manfaat luar biasa dari pemasaran media sosial. Namun tanpa strategi cerdas, sebagian besar perusahaan hanya membuang uang dan waktu di media sosial.

 

John Lincoln, CEO Ignite Visibility, merangkum 10 kesalahan penggunaan media sosial pada perusahaan, yakni :

  1. Membeli pengikut palsu

Banyak perusahaan yang masih melihat media sosial sebagai ajang unjuk popularitas untuk untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Hal ini tentu menyimpang tujuan dan potensi sebenarnya media sosial, serta dapat mengarah pada jalan pintas, seperti membeli pengikut palsu. Dimana perusahaan mempekerjakan pihak ke-3 yang menggunakan akun palsu untuk meningkatkan jumlah pengikut mereka secara artifisial di Twitter, Facebook, dan di tempat lain. Dengan membeli pengikut, perusahaan cenderung memiliki keterlibatan rendah dengan pengikut, berpotensi mengirim spam pada pengikut asli, serta kehilangan integritas dan reputasi. Perusahaan lebih baik menyimpan uang untuk fokus membangun pengikut dan keterlibatan secara lebih personal.

 

  1. Menggunakan perusahaan media sosial kelas bawah

Dalam upaya untuk menghemat uang, banyak perusahaan yang menyewa perusahaan media sosial kelas bawah, yang terkadang memberikan jaminan “angka besar” dan “hasil instan” dengan “kesepakatan yang luar biasa”. Perusahaan kelas bawah jarang memiliki keahlian, sumber daya atau kesabaran untuk mengelola kampanye media sosial yang sukses. Pilihlah perusahaan media sosial yang dapat dipercaya dan sesuai dengan anggaran.

 

  1. Menghabiskan uang tanpa tujuan jelas

Jika perusahaan tidak memiliki visi jelas, perusahaan akan mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan. Tetapkan sasaran yang jelas untuk apa perusahaan menggunakan media sosial, misalnya meningkatkan brand awareness, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dll, akan membantu perusahaan memfokuskan waktu dan uang. Jangan lupa untuk memantau kemajuan perusahaan menuju tujuan tersebut dengan menggunakan analisis media sosial.

 

  1. Lomba dengan hadiah besar namun peminat kecil

Sejak zaman dulu, perusahaan menggunakan perlombaan untuk mempromosikan bisnis dan produk mereka, dan dengan alasan yang bagus. Perlombaan adalah cara yang menyenangkan dan menarik untuk menyebarkan berita tentang brand dengan cepat. Namun, jika perusahaan menjalankan lomba dengan hadiah besar, mahal namun sangat sedikit peminatnya, tentu ini sangat merugikan dan ini juga berlaku di media sosial. Ketahui manfaat dan target dalam menjalankan perlombaan di media sosial.

 

  1. Mempekerjakan karyawan tanpa pelatihan

Untuk menghindari mempekerjakan staf baru atau menggunakan agensi media sosial, banyak perusahaan menggunakan karyawan yang ada meskipun tidak memiliki pelatihan sebelumnya. Karyawan tersebut mungkin dapat mengatur akun media sosial, tetapi ketika tiba untuk menjalankan strategi yang berhasil, mereka mungkin tidak akan tahu caranya dan hanya menghabiskan uang perusahaan. Padahal uang itu bisa digunakan untuk menyewa agensi media sosial yang memahami kerumitan dalam meneliti, merencanakan, menyebarkan, dan mengelola media sosial baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

 

  1. Menempatkan banyak usaha ke pembaruan sosial yang tidak memiliki jangkauan komunitas

Jika media sosial tidak memiliki jangkauan komunitas, perusahaan seharusnya tahu jika pembaruan konten tidak akan memiliki dampak. Jangan melakukan pembaruan konten terus menerus, jika belum mengembangkan audiens yang lebih besar. Fokuslah untuk membangun dan melibatkan komunitas, dan gunakan postingan dengan lebih bijaksana.

 

  1. Menggunakan iklan di media sosial yang memiliki kinerja buruk

Banyak perusahaan yang membuat iklan media sosial untuk meningkatkan bisnis dan jangkauan mereka, tetapi sering kali upaya tersebut sia-sia karena kinerja yang rendah. Membuat dan meluncurkan kampanye iklan media sosial yang sukses memerlukan perencanaan, pelaksanaan, dan analisis yang cermat untuk memantau dan meningkatkan keberhasilan mereka.

 

  1. Tidak melibatkan media sosial ke dalam upaya SEO perusahaan

Ada banyak cara untuk membantu meningkatkan upaya SEO perusahaan melalui media sosial, namun jika gagal mengoptimalkan strategi bisa sangat merugikan. Mengoptimalkan profil sosial, membangun tautan dan jangkauan, membangun hubungan baru, dan menggunakan tautan berbagi sosial hanyalah beberapa cara untuk memaksimalkan media sosial untuk membantu upaya SEO perusahaan.

 

  1. Fokus pada situs media sosial yang salah

Seringkali perusahaan merasa harus berada di setiap platform media sosial yang ada, padahal kenyataannya mungkin hanya ada beberapa yang relevan dan berharga untuk bisnis mereka. Akibatnya mereka akhirnya menyebarkan konten yang tidak relevan, mengurangi kredibilitas brand dan pesan, serta membingungkan para pengikut. Penting untuk meneliti dan belajar tentang media sosial yang tepat untuk memahami target masing-masing dan menentukan dimana perusahaan cocok dan dapat berkembang. Meskipun Facebook, Twitter, dan LinkedIn umumnya merupakan media yang aman, ada beberapa bisnis yang mungkin bisa dilayani dengan lebih baik melalui Instagram, Youtube, dll.

 

  1. Otomatisasi pembaruan dan menduplikasi ke seluruh platform

Mengelola akun media sosial dapat menjadi proses yang memakan waktu, sehingga banyak perusahaan tergoda untuk mengotomatiskan pembaruan mereka untuk menghemat waktu. Padahal selain dapat menjadi spam bagi pengikut Anda, tetapi juga dapat menghabiskan uang dengan tidak aktif. Seringkali perusahaan juga mengatur akun media sosial mereka untuk mempublikasikan konten yang sama secara otomatis di seluruh platform. Luangkan waktu ekstra untuk menghasilkan kualitas konten yang menarik, dan perusahaan akan dihargai oleh pengikut setia dan aktif.

 

Anda mencari partner untuk membangun media sosial yang efektif? Rumah Asyam jawabannya. Segera diskusikan keinginan Anda dan biarkan kami membantu. Telepon kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com .

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.